Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPSI Klaim CAS Kabulkan Gugatan Persipura

Kompas.com - 15/02/2012, 22:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia mengklaim Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional atau CAS telah mengabulkan gugatan Persipura Jayapura terkait keikutsertaannya dalam Liga Champions Asia (LCA).

Sekretaris Jenderal Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) Hinca Panjaitan mengungkapkan bahwa CAS kembali mengeluarkan surat yang menguatkan putusan sela sebelumnya. "Kemarin pada 14 Februari malam, CAS telah mengambil putusan lagi, yang dikirimkan kepada para pihak AFC, PSSI, Adelaide, dan Persipura. Putusannya itu menguatkan putusan sela kemarin, yaitu Persipura berhak bermain di play-off LCA," ujar Hinca dalam jumpa pers di Kantor KPSI, Jakarta, Rabu (15/2/2012).

Menurut Hinca, putusan yang berjumlah sembilan lembar tersebut dikeluarkan CAS karena PSSI, hingga waktu yang ditentukan, tidak merespons gugatan yang dilayangkan Persipura. "Alasannya, jadi tidak ada respons sedikitpun dari PSSI, bahkan melampaui 16 hari sejak diputuskan melalui putusan sela," kata Hinca.

Persipura sebelumnya sempat kehilangan haknya bermain di LCA akibat memilih berkompetisi di Indonesia Super League (ISL) yang dinilai ilegal oleh PSSI. Namun, hak mereka bisa kembali setelah CAS mengabulkan gugatan tersebut melalui keputusan sela. Tim pemenang pada laga tersebut bakal merebut tiket tampil di babak penyisihan grup. Hanya saja, jikapun menang atas Adelaide, Persipura belum bisa dipastikan tampil ke babak utama karena menunggu keputusan final CAS.

Hinca menuturkan, dalam putusan CAS tersebut setidaknya ada tiga poin penting. Salah satunya adalah status Persipura dalam babak play-off LCA sudah diakui oleh CAS. "Selain itu, mereka (CAS) juga telah menerima gugatan Persipura terhadap AFC, PSSI, dan Adelaide United, dan soal denda yang harus dibayar PSSI nanti. Tapi untuk denda, CAS belum mengeluarkan putusan final berapa jumlahnya. Jadi sudah tidak ada perdebatan soal berhak atau tidaknya Persipura main di LCA," kata Hinca.

Hinca berharap keputusan itu dapat membuat para pemain Persipura lebih bersemangat dalam pertandingan play-off yang akan berlangsung pada Kamis (16/2/2012) besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com