Bungkam Ghana, Mali Raih Tempat Ketiga - Kompas.com

Bungkam Ghana, Mali Raih Tempat Ketiga

Kompas.com - 12/02/2012, 03:57 WIB

FRANCEVILLE, KOMPAS.com - Penyerang Cheick Diabate menjadi pahlawan Mali saat melawan Ghana dalam perebutan tempat ketiga Piala Afrika 2012 di Nuevo Estadio de Malabo, Sabtu atau Minggu (12/2/2012) dini hari WIB. Pemain Bordeaux itu mencetak dua gol dan membawa timnya menang 2-0.

Sejak laga dimulai, Ghana sebenarnya tampil cukup agresif. Permainan cepat dengan umpan-umpan pendek diterapkan Kwadwo Asamoah dan kawan-kawan. Dalam kurun waktu 15 menit pertama, terdapat dua ancaman yang dilepaskan Kwadwo dan Jordan Ayew. Namun, semua peluang itu berhasil dimentahkan kiper Mali, Oumar Sissoko.

Mali yang terus berada dalam tekanan baru bisa menemukan ritme permainan mereka di atas menit ke-20. Seydio Keyta dan kawan-kawan bahkan berhasil mencetak gol lebih dulu melalui penyerang Cheick Diabate. Pemain asal Bordeaux itu berhasil memamfaatkan bola muntah dari tendangan keras Dakaye Traore yang tidak mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Ghana, Adam Larsen.

Menjelang akhir babak pertama, Ghana terus berusaha untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, berbagai usaha yang dilakukan oleh tim asuhan Goran Stevanovic ini masih belum dapat mencetak gol balasan. Hingga turun minum skor 1-0 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Ghana memasukan salah satu pemain bintangnya, Suley Muntari. Pada menit ke-53, pemain Inter Milan itu mampu menceploskan bola ke gawang Mali. Namun, apa daya sebelumnya Muntari berada di posisi offside terlebih dahulu dan wasit pun menganulir golnya.

Bermain ngotot untuk menyamakan kedudukan membuat kedispilinan pemain Ghana berkurang. Akhirnya, pada menit ke-68, Ghana harus bermain dengan 10 orang, setelah Issac Vorsah dikeluarkan wasit karena mendapat kartu kuning kedua. Pemain Hoffenheim itu mendapat hukuman setelah melanggar pemain tengah Mali.

Tahu jumlah lawannya tak seimbang, Mali kemudian mengambil alih permaianan. Pada menit ke-78,  Keita mendapatkan peluang emas. Namun, tendangan melengkungnya dari hadiah tendangan bebas masih belum mampu menambah gol.

Dua menit berselang, Mali akhirnya menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui gol kedua Diabate. Berawal dari serangan balik, Adama Tamboura melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Ghana. Diabete yang berdiri bebas dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Ghana sempat mendapatkan peluang untuk mengecilkan kedudukan pada menit ke-90 melalui Jordan Ayew. Namun, tendangan kerasnya masih mampu dihalau bek Mali. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 tidak berubah.

Susunan Pemain:
Ghana: Adam Larsen, John Pantsil, Issac Vorsah, Johnathan Menfah, Samuel Inkoom (Prince Tagoe 36), Lee Addy, Andre Ayew, Kwadwo Asamoah (Masawudu Alhassan 68), Anthony Annan, Mohammed Abu (Sulley Muntari 46), Jordan Ayew.

Mali: Oumar Sissoko, Cedric Kante, Adama Tamboura, Ousmane Coulibaly, Abdallaye Maiga, Seydou Keita, Bakaye Traore, Samba Sow (Souleymane Keita  86),  Samba Diakite, Garra Dembele (Mustapha Yatabare 86), Cheick Diabate.

 


EditorHery Prasetyo

Close Ads X