Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Targetkan Partisipasi di Piala Dunia 2022

Kompas.com - 01/02/2012, 10:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PSSI menargetkan tim nasional Indonesia dapat segera berlaga dalam ajang Piala Dunia. Target mulai ditetapkan untuk menembus Piala Dunia 2022.

"Paling lambat 2026 kita bisa masuk Piala Dunia," kata Ketua PSSI, Djohar Arifin Husin, dalam seminar "Soccer Management" di Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Penetapan target ini bukannya tanpa perhitungan. Djohar mengatakan bahwa target ini ditunjang oleh pembinaan usia dini di semua kelompok umur yang tengah dibangun PSSI saat ini. Contohnya, timnas U-17 yang diperkirakan akan menjadi anggota timnas senior pada tahun-tahun target itu.

"Tim U-17 baru saja juara turnamen di Hongkong, itu merupakan contoh bibit-bibit bagus yang kelak jadi pemain timnas senior. Timnas Merah Putih saat ini tidak hanya satu generasi melainkan enam, yaitu U-16, U-19, U-20, U-21, U-23 dan senior. Mereka berlatih sepanjang tahun sehingga selalu siap bila harus tampil di sebuah kejuaraan," ungkapnya.

Belajar dari pembinaan usia dini di klub Inter Milan, ini sudah dimulai dari umur 6 hingga 19 tahun. Selain itu, pembinaan usia dini ditunjang oleh pelatih yang tergolong spesialis.

PSSI sendiri telah menunjuk mantan pelatih timnas senior, Wim Rijsbergen, sebagai Direktur Teknik Timnas, sementara mantan pelatih Persema, Timo Scheunemann, dipercaya menjadi Direktur Pembinaan Usia Dini PSSI. PSSI juga mendatangkan instruktur dari Belanda, Bert Pantury.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com