Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karembeu Jagokan Messi Raih Ballon d'Or

Kompas.com - 10/01/2012, 01:08 WIB

ZURICH, KOMPAS.com - Legenda sepak bola Perancis, Christian Karembeu, menjagokan penyerang Barcelona, Lionel Messi, meraih Ballon d'Or 2011. Menurutnya, Messi memang pemain terbaik.

Pemilihan Pemain Terbaik Dunia peraih Ballon d'Or segera dimulai di Zurich dalam Gala FIFA. Selain Messi, nomine lainnya adalah Xavi Hernandez (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid). Messi dan Xavi sudah hadir di acara gala, sedangkan Ronaldo tak hadir karena timnya akan menghadapi pertandingan Copa del Rey, Selasa (11/1/2012).

"Messi adalah jago saya. Dia telah mendemonstrasikan semua bakatnya dalam banyak pertandingan. Tanpa diragukan lagi, dialah yang terbaik," puji Karembeu seperti dikutip France Football.

"Messi tergantung kepada Barcelona, tapi Barcelona juga tergantung kepadanya. Dia benar-benar satu-satunya pemain yang bisa membuat perbedaan di setiap saat," tambahnya.

Sementara, untuk pelatih terbaik, dia menjagokan Pelatih Barcelona, Pep Gaurdiola. Namun, katanya, dia mendapat saingat berat, yakni Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

"Saya kira gelar Pelatih Terbaik akan diraih Pep Guardiola. Saya mengenalnya dengan baik. Dia pelatih yang mampu meramu permainan hebat tanpa pernah lelah setiap harinya," puji pemain yang ikut membawa Perancis juara Piala Dunia 1998 ini.

"Tapi, Anda juga harus memberi pujian khusus kepada Ales Ferguson. Dia telah membuat Manchester United menjadi salah satu klub terbesar di dunia, baik dari segi olahraga maupun ekonomi," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com