Messi 2 Gol, Barca Juara Dunia

Kompas.com - 18/12/2011, 19:18 WIB
EditorTjatur Wiharyo

YOKOHAMA, KOMPAS.com — Barcelona menjuarai Piala Dunia Antarklub setelah menundukkan Santos 4-0 pada babak final, di International Stadium Yokohama, Minggu (18/12/2011). Gol-gol Barca diciptakan oleh Lionel Messi, Xavi, dan Cesc Fabregas.

Kedua kubu bermain terbuka, tetapi sama-sama sempat kesulitan menuntaskan serangan dengan eksekusi.

Peluang pertama datang dari Barcelona melalui Lionel Messi dan Thiago Alcantara pada menit ke-13. Kedua usaha mereka kandas di tangan kiper Rafael Cabral.

Santos membalas itu dengan tembakan Ganso pada menit ke-15, yang meleset ke sisi kiri gawang Barcelona.

Barcelona bereaksi dengan membangun serangan baru, yang berujung gol dari Lionel Messi pada menit ke-17. Memanfaatkan umpan Xavi, Messi melambungkan bola masuk ke gawang Santos.

Pada menit ke-24, Xavi menggandakan keunggulan Barcelona. Gol bermula dari umpan silang Dani Alves yang mengenai seorang pemain lawan. Xavi mengontrol bola liar dan melepaskan tembakan akurat, yang gagal dihalau Rafael.

Setelah tembakan Borges dijinakkan Valdes pada menit ke-27, Barcelona melancarkan serangan yang berujung eksekusi dari Cesc Fabregas. Namun, tembakannya kandas membentur tiang kanan gawang Santos.

Pada menit ke-31, Pelatih Santos, Ramalho, menarik Danilo dan memainkan Elano. Barca merespons dengan menurunkan tempo permainan dan meningkatkan penguasaan bola.

Santos berusaha bermain agresif merebut bola, tetapi Barcelona mampu mempertahankan penguasaan bola dan, setelah tanpa peluang berarti, membangun serangan yang berujung gol Cesc Fabregas menjelang turun minum.

Fabregas nyaris memperbesar keunggulan timnya pada menit ke-46. Namun, tembakannya kali ini gagal membuahkan gol akibat aksi penyelamatan Rafael.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X