Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Punya Kans Rebut Posisi Ke-33

Kompas.com - 09/10/2011, 02:26 WIB

Madrid, Kompas - Gol semata wayang dari Fahril ke gawang Selandia Baru menguatkan kans tim SSB Hasanuddin, Makassar, untuk merebut posisi ke-33 dalam Piala Dunia Danone Nations Cup 2011 di Valle de Las Canas, Madrid, Spanyol, Sabtu (8/10). Tim yang berjuluk Garuda Muda itu akan menghadapi Guatemala, Minggu (9/10), untuk menentukan posisi 33 dan 34.

Indonesia gagal merebut posisi 32 besar lantaran di akhir laga di Group F, tim Merah Putih hanya mampu mengoleksi dua poin dari empat laga. Itu berarti tim Garuda Muda berada di posisi buncit Grup F.

Namun, Laga Garuda Muda melawan tim Selandia Baru menjadi bukti bahwa permainan tim Garuda Muda membaik. Kombinasi kerja sama Fahrul, M Daffa Imran, dan Asnawi pun makin berkembang meski belum mampu membobol gawang Jacob Kitson. Hingga pada menit ke-9, Fahril membawa bola, melewati dua pemain belakang Selandia Baru dan berbuah gol.

Sebelumnya, Indonesia mengubur impian Aljazair untuk merebut posisi ke-33. Sejak awal Indonesia memdominasi permainan. Pada menit ke-8, penyerang M Daffa Imran mengoyak gawang yang dijaga ketat Magraoui Benzian, 1-0 untuk Indonesia.

Skor itu dicetak tim Garuda Muda setelah sebelumnya ditahan imbang oleh Perancis dengan skor 1-1. Gol Daffa di menit pertama dibalas oleh gol Godfried di menit ke-9.

Indonesia tinggal mengalahkan Guatemala untuk bisa merebut posisi ke-33. ”Kami akan tetap menerapkan strategi bola bawah dan meningkatkan koordinasi. Ini untuk menyiasati postur pemain kami yang lebih kecil dibandingkan pemain Guatemala,” kata Pelatih SSB Hasanuddin Makassar Amirullah.

Tinggal Thailand

Sementara itu, tinggal tim Thailand, wakil Asia, yang masuk 4 besar untuk mengikuti semi- final, dan bahkan menuju final. Wakil Asia lainnya di 16 besar, Jepang, harus tersisih di tangan Thailand dengan skor akhir 0-1.

Thailand melaju ke semifinal setelah tendangan Chaiwat Weerekij Phanich menjebol gawang Kanada di perempat final. Posisi tetap 1-0 untuk Thailand hingga peluit panjang berbunyi. Thailand membuktikan tim yunior mereka tangguh, setelah melibas Cile di semifinal dengan skor 1-0. Satu-satunya gol tim Negeri Gajah Putih tak lain sumbangan Sitichok Phaso, pada menit ke-12.

Di pertandingan lain, Brasil berhasil menekuk Meksiko 3-1 di perempat final. Tim Brasil akan berebut tiket final dengan menghadapi wakil Eropa, tim Rusia. Hingga berita ini naik cetak, laga tim ”Samba” Brasil, menghadapi Rusia, sedang berlangsung. (MHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com