Barcelona Ungguli Gijon

Kompas.com - 03/10/2011, 01:49 WIB
EditorTjatur Wiharyo

GIJON, KOMPAS.com — Barcelona unggul 1-0 atas Sporting Gijon sampai akhir babak pertama pertandingan Liga BBVA, di El Molinon, Minggu (2/10/2011). Gol semata wayang Barcelona diciptakan oleh Adriano pada menit ke-12.

Barcelona sempat kesulitan menembus benteng tuan rumah. Namun, selepas menit kesepuluh, mereka tampak semakin mengendalikan keadaan dan mulai menciptakan peluang.

Setelah tembakan David Villa pada menit kesepuluh meleset dari sasaran, Xavi melihat tembakannya membentur tiang kanan gawang Juan Pablo Colinas pada menit ke-12.

Adriano berhasil menjangkau bola yang mental itu dan mengirimnya masuk ke sudut kanan bawah gawang Colinas dengan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti.

David Villa mendapat dua peluang untuk memperbesar keunggulan Barca pada menit ke-16. Namun, usaha pertamanya dijinakkan Colinas, sedangkan tembakan keduanya melesat ke sisi kiri gawang.

Gijon kemudian tampak lebih giat mengejar bola dan setiap kali berhasil berusaha membangun serangan. Usaha Gijon memang tidak membahayakan gawang Victor Valdes, tetapi itu cukup membuat Barcelona kesulitan membangun serangan sampai tuntas.

Pada menit ke-36, Dani Alves berusaha memecah kebuntuan dengan menembakkan bola dari luar kotak penalti, yang melesat keluar lapangan.

Meski gagal, Barcelona terus berusaha menekan lawan. Tanpa masalah berarti, mereka mampu mengurung tuan rumah dengan permainan penguasaan bola.

Dalam sejumlah kesempatan, mereka berhasil melepas umpan ke kotak penalti. Namun, barisan pemain belakang Gijon mampu membaca aliran bola dan membuangnya.

Pertandingan berjalan terus seperti itu dan tanpa solusi sampai peluit tanda turun minum berbunyi.

Selama 45 menit pertama, Barcelona mencatatkan penguasaan bola sebesar 79 persen dan menciptakan dua peluang emas dari enam kali percobaan. Adapun Gijon melepaskan satu tembakan akurat dari dua kali usaha.

Susunan pemain
Gijon:
Juan Pablo Colinas; Ivan Soto, Alberto Botia, Roberto Canella, Alberto Ramos; Alberto Rivera, Nacho Cases, Miguel del las Cuevas, Oscar Trejo; David Barral

Barcelona: Victor Valdes; Eric Abidal, Javier Mascherano, Adriano, Dani Alves; Sergio Busquets, Thiago, Xavi; David Villa, Lionel Messi, Pedro

Wasit: Carlos Clos Gomez



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X