Xavi: Barca Unggul Segalanya atas Madrid

Kompas.com - 27/09/2011, 01:12 WIB
EditorHery Prasetyo

BARCELONA, KOMPAS.com — Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, mengungkapkan perbedaan antara timnya dan Real Madrid. Xavi menilai, Barcelona unggul segalanya atas rival abadi mereka tersebut.

Menurutnya, perbedaan terbesar dapat dilihat dari cara bermain kedua tim. Madrid, katanya, lebih condong ke permainan secara individual, bukan kolektivitas seperti yang diperagakan Barcelona.

"Perbedaan terbesar adalah penekanan dari sisi individu. Itu yang membuat mereka (Madrid) berlawanan dengan cara yang kami mainkan di Barcelona. Pemain Madrid jelas sangat bertalenta dari segi individu," jelas Xavi.

"Anda bisa lihat, kami punya individu yang hebat seperti Lionel Messi, pemain yang bisa mengubah jalannya pertandingan seorang diri. Tapi, kami masih punya kelebihan dari segi kesatuan dan kolektivitas. Madrid, bagaimanapun juga, mencoba untuk menang dengan kelas individu. Untuk kami, ini tentang sebuah kolektivitas," sambungnya.

Xavi kemudian menilai, Madrid mencoba untuk meniru metode mereka, tetapi akhirnya gagal. "Dalam kasus Madrid, mereka tak hanya ingin meniru kami. Mereka menyerang kami terlebih dulu karena mereka terus melakukan itu dalam empat atau lima tahun terakhir," tuturnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X