Gol Bunuh Diri Dunne Selamatkan Liverpool

Kompas.com - 26/09/2011, 00:06 WIB
EditorTjatur Wiharyo

LONDON, KOMPAS.com — Sempat unggul, Aston Villa akhirnya cuma mendulang hasil imbang 1-1 dengan Queens Park Rangers pada lanjutan Premier League, di Loftus Road, Minggu (25/9/2011). Padahal, seandainya mampu mendulang poin penuh, Villa akan menggeser Liverpool dari peringkat kelima.

Liverpool saat ini duduk di peringkat kelima dengan sepuluh poin dan rekor memasukkan-kemasukan 8-8. Seandainya mampu menang 1-0 atas QPR, Aston Villa akan mengoleksi sepuluh poin dengan rekor memasukkan-kemasukan 7-4. Namun karena hanya bermain imbang 1-1, Villa bertengger di peringkat kedelapan dengan delapan poin dan rekor memasukan-kemasukan 7-5.

Villa unggul lebih dulu berkat eksekusi penalti Bannan pada menit ke-58, yang diberikan setelah Armand Traore dinilai melanggar Gabriel Agbonlahor. Bannan kemudian menembakkan bola dari titik putih ke sudut kanan bawah gawang QPR. Kiper Patrick Kenny sudah bergerak ke arah yang benar, tetapi bola meluncur lebih cepat darinya.

Pada menit ke-90+3, papan skor berubah menjadi 1-1 akibat gol bunuh diri Richard Dunne. Gol bermula dari usaha Stephen Warnock membuang bola. Bola kemudian mengenai lutut Dunne dan masuk ke gawang Shay Given.

Gol bunuh diri itu semakin istimewa bagi QPR mengingat hal itu terjadi saat QPR bermain dengan sepuluh orang, setelah Traore menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Neil Warnock pada menit ke-90.

Secara umum, permainan kedua kubu cukup berimbang dan seru. Masing-masing kubu selalu berusaha melancarkan serangan ketika menguasai bola.

Beberapa di antaranya berakhir dengan eksekusi. Namun, tak ada yang berujung gol. Selain eksekusi yang kurang akurat, juga karena aksi Kenny dan Shay Given.

Pada menit ke-40, misalnya, Bannan dipercaya mengeksekusi tendangan bebas dan mengirimkan bola langsung ke gawang. Tembakannya akurat, tetapi masih bisa dijinakkan Kenny.

QPR kemudian mendapat peluang emas dari Shaun Wright-Phillips pada menit ke-69. Tembakannya dengan akurat menyasar ke sudut kiri bawah. Namun, Given bereaksi cermat dan cepat untuk mengantisipasinya.

Selama 90 menit, QPR mencatatkan penguasaan bola sebanyak 59 persen dan melepaskan dua tembakan akurat dari 19 kali usaha. Adapun Villa juga menciptakan dua peluang emas dari 11 kali percobaan.

Susunan pemain:
QPR:
Patrick Kenny; Anton Ferdinand, Fitz Hall, Armand Traore, Luke Young; Shaun Derry (Heidar Helguson 79), Alejandro Damian Faurlin, Joey Barton; Adel Taarabt, Jay Bothroyd (DJ Campbell 66), Shaun Wright-Phillips (Tommy Smith 87)

Villa: Shay Given; Richard Dunne, James Collins, Stephen Warnock, Alan Hutton; Fabian Delph, Stiliyan Petrov, Charles N'Zogbia (Andreas Weimann 85), Barry Bannan (Marc Albrighton 72); Gabriel Agbonlahor, Stephen Ireland

Wasit: Michael Oliver



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X