Laos Lolos, Indonesia Tersingkir

Kompas.com - 22/09/2011, 22:46 WIB
EditorNasru Alam Aziz

BANGKOK, KOMPAS.com -- Indonesia gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-16 tahun 2012 setelah kalah 2-5 (1-3) dari Australia dalam laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-16 Grup G di Stadion Rajamangala, Bangkok, Kamis (22/9/2011) malam. Satu tiket lolos dari grup itu direbut Australia sebagai runner-up, menyusul tuan rumah Thailand yang sudah lebih dulu lolos sebagai juara grup.

Setelah kalah dari Australia, harapan Indonesia untuk lolos bisa muncul melalui jalur peringkat ketiga terbaik Wilayah Timur (Grup E, F, dan G). Akan tetapi, harapan itu sirna setelah Laos memukul Taiwan 5-0 pada laga terakhir Grup F di Stadion Nasional Laos, tak lama kemudian. Laos berhak atas tiket ke putaran final sebagai tim peringkat ketiga terbaik Wilayah Timur, lebih unggul poin atas Indonesia. Laos menang tiga kali, draw sekali, dan kalah sekali.

Adapun Indonesia menang tiga kali, kalah dua kali. Tim "Merah-Putih Yunior" yang tinggal membutuhkan hasil seri untuk lolos sebagai runner-up, tertinggal 0-1 saat laga baru berjalan sekitar tiga menit, akibat gol Taylor James Tombides. Enam menit kemudian, Muhammad Hargianto menyamakan 1-1.

Namun, hanya berselang satu menit, gawang Indonesia kembali dijebol Aaron Robert Calver. Tim asuhan Pelatih Indra Syafri itu harus tertinggal 1-3 sebelum turun minum. Menit ke-39, Reece John Papadimitrios memperbesar keunggulan Australia melalui tendangan penalti. Tim "Socceroos Junior" kian sulit terkejar setelah Hyuga Tanner menambah gol, menit ke-63.

Menit ke-66, Ichsan Hari Kurniawan sempat memperkecil kekalahan Indonesia menjadi 2-4. Namun, Tombides mencetak gol keduanya, menit ke-78, untuk mengunci kemenangan Australia dengan skor akhir 5-2. Dengan hasil ini, Australia lolos ke putaran final sebagai runner-up Grup G.

Sementara pada laga lainnya, Thailand memastikan diri sebagai juara Grup G setelah memukul Hongkong 6-2, juga di Stadion Rajamangala. Tim tuan rumah itu mengumpulkan nilai sempurna hasil lima kemenangan dari lima laga, yaitu 15 poin. Guam menjadi juru kunci dan tim paling banyak kebobolan sejauh ini, yakni kemasukan 49 gol dan memasukkan satu gol, dari lima laga. Pada laga terakhir di Stadion Debhatsadin, mereka dilindas Myanmar 0-7.

Klasemen akhir Grup G

  • Thailand 5 5 0 0 28-6 15
  • Australia 5 4 0 1 22-5 12
  • Indonesia 5 3 0 2 26-10 9
  • Myanmar 5 2 0 3 13-14 6
  • Hongkong 5 1 0 4 8-14 3
  • Guam 5 0 0 5 1-49 0



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X