Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Deru Timnas U-16 di Thailand (1)

Kompas.com - 08/09/2011, 15:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Tim Nasional Indonesia U-16, laga kualifikasi Grup A Piala Asia Remaja (AFC Youth Cup) 2011 adalah pertandingan penting sekaligus mendebarkan. Setelah melalui latihan keras bersama-sama sejak 26 Juli lalu, mereka akan berangkat ke Thailand 10 September mendatang.

Menjelang keberangkatan, perasaan Ginandaru Gesang Wicaksono (15) campur aduk. Hal ini diakuinya usai melakukan laga uji coba terakhir dengan kesebelasan Universitas Negeri Jakarta, Rabu (7/9/2011), di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Timnas menekuk tim mahasiswa tersebut dengan skor 6-1.

Ketika diwawancara, sikap remaja asal Bantul ini berbeda dengan gaya permainannya di lapangan yang tampak garang. Dia tampak malu-malu. "Aduh, saya enggak tahu mau ngomong apa Mbak," ungkapnya.

Kontan, pernyataan Gesang ini disambut canda tawa oleh para rekannya yang masih asyik mengganti bajunya. Gesang pun tersipu. Namun, dirinya dengan lancar menjawab pertanyaan mengenai nasihat pelatih yang harus dikembangkan tim dalam pertandingan ke depan.

"Komunikasi, saling mengingatkan untuk teman-teman lain. Kalau pas main, saling mengingatkan posisi masing-masing," katanya.

Gesang juga menambahkan bahwa seluruh pemain harus belajar untuk terus rajin berlari ke atas, bawah, kanan dan kiri lapangan. Dengan bekal latihan, wejangan dan semangat pantang menyerah, Gesang berharap Timnas bisa bermain maksimal melawan Australia, Guam, Hongkong, Thailand dan Myanmar nantinya.

Dalam laga uji coba ini, Gesang ditempatkan sebagai pemain sayap kiri bersama Gavin Kwang di sisi kanan. Dia aktif berlari dan penguasaan bolanya memang apik dan memukau meski baru diturunkan di babak kedua.

Pelatih kepala Timnas U-16 Indra Syafri memang mengatakan ingin mempersiapkan sisi sayap sebagai kekuatan serangan Timnas dalam pertandingan. Posisi Gesang kadang berganti dengan Indra Gunawan. Meski demikian, Gesang tetap akan diberangkatkan bersama 22 anggota skuad lainnya. .... (bersambung)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com