Graham: Arsenal Agak Rapuh

Kompas.com - 21/08/2011, 22:33 WIB
EditorTjatur Wiharyo

LONDON, KOMPAS.com - Mantan manajer Arsenal, George Graham, mengatakan bahwa Arsene Wenger harus segera mendatangkan pemain dengan tipe permainan berbeda bila ingin kembali meraih sukses. Menurutnya, pemain yang Wenger miliki sekarang tak cukup tangguh untuk membawa "The Gunners" meraih kejayaan.

"Mereka terlihat agak rapuh. Setiap orang tahu bahwa Fabregas pergi. Saya tak percaya mereka belum mendapatkan penggantinya saat ini. Mereka butuh pemain-pemain berpengalaman untuk membantu para pemain muda luar biasa yang mereka miliki," ujar Graham

Dahulu, Arsenal asuhan Wenger pernah begitu mendominasi di Liga Primer Inggris. Pada 2003/2004 bahkan Arsenal sempat menjuarai liga tanpa menelan satu pun kekalahan. Graham menganggap pasukan Wenger saat ini tak setangguh tim mereka saat itu yang memiliki Patrick Vieira dan Thierry Henry di dalamnya.

"Ketika menjuarai liga tanpa pernah kalah, tim saat itu memiliki segalanya: teknik, kekuatan, fisik, pemain-pemain bermental hebat, dan segalanya yang Anda inginkan dalam sebuah tim sepak bola," ujar Graham.

"Mereka berubah dari tim seperti itu menjadi sebuah tiruan dari tim Barcelona, yaitu pemain-pemain mungil, sangat dinamis dan penuh teknik. Namun, dalam sepak bola Inggris, Anda butuh lebih dari itu. Anda butuh kekuatan dan pemain-pemain dengan fisik tangguh," lanjutnya.

Wenger saat ini punya cukup uang belanja, dari hasil transfer Fabregas ke Barcelona. Namun, Graham menganggap sudah agak terlambat bagi Arsenal untuk memburu para pemain baru. Selain karena sejumlah pemain potensial sudah dibeli kompetitor, juga karena bursa transfer akan hanya akan berlangsung sampai 31 Agustus mendatang.

"Uang telah masuk (ke kas Arsenal) tapi sepertinya mereka terlambat," tambah Graham.

Graham sempat membela Arsenal sebagai pemain dan juga pelatih. Ia menduduki jabatan pelatih "The Gunners" dari tahun 1986-1995. Selama sembilan tahun, ia berhasil mengantar Arsenal menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga dua kali, serta masing-masing satu kali Piala FA dan Piala Winner. (BBC)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X