Dana Sponsor untuk Uji Coba

Kompas.com - 19/08/2011, 03:20 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Tim nasional basket putri Indonesia yang tengah dipersiapkan untuk bertarung di SEA Games XXVI-2011 melakukan uji coba di Jepang dengan dana dari sponsor dan bapak angkatnya.

Hal itu disampaikan Agus Mauro, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi), pada acara buka puasa bersama wartawan yang berlangsung Kamis (18/8).

Hadir pada acara itu pelatih tim nasional U-16 Danny Kosasih, asisten pelatih tim putri SEA Games Raoul Miguel Hadinoto berikut ke-16 pemainnya, dan Wakil Ketua Umum PB Perbasi Bella Erwin Harahap.

Menurut Agus, saat ini PB Perbasi tidak bisa memperoleh jatah dana dari APBN yang diturunkan melalui Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk uji coba mengingat dana tersebut sudah habis.

Itu sebabnya, kata Agus, kepergian tim nasional putri untuk beruji coba ke Omura, Nagasaki, Jepang, Jumat (19/8) ini, dibiayai PT Krakatau Steel, bapak angkat PB Perbasi. ”Selain dana bapak angkat, keberangkatan tim juga ditunjang dana dari sponsor lainnya,” tutur Agus lagi.

Perunggu

Di Nagasaki, tim basket putri Indonesia bakal mengikuti kejuaraan FIBA Asia yang berlangsung satu minggu, mulai Minggu (21/8) hingga Minggu (28/8). Indonesia akan berada satu pul bersama Singapura, Malaysia, Sri Lanka, Kazakhstan, dan Uzbekistan.

Melihat hasil undian, tim Kazakhstan dan Uzbekistan menjadi lawan yang paling berat. ”Tetapi kalau dilihat dari persiapan tim nasional, maka event di Nagasaki menjadi kesempatan untuk melihat kekuatan Malaysia,” tutur Raoul.

Di SEA Games nanti, KONI menetapkan target meraih medali perunggu bagi tim basket putri Indonesia. ”Tetapi kami pikir hasilnya akan lebih baik dari target tersebut. Mungkin bisa memperoleh medali perak,” tambah Raoul.

Hanya melampai target itu, ”Kami harus melihat kekuatan Malaysia sebab lawan berat di SEA Games nanti pasti Filipina dan Malaysia. Itu sebabnya, di Nagasaki, kami punya kesempatan melihat kekuatan mereka. Di samping rencana uji coba sekali lagi,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut PB Perbasi juga memberikan penghargaan kepada tim U-16, yang menempati posisi ketiga di kejuaraan SEABA di Malaysia, belum lama ini. Penghargaan diterima M Sandi dan Cakrawala.

”Tim ini akan terus kami pertahankan ke kejuaraan berikutnya. Mungkin saja ada tambahan pemain, yang akan kami ambil dari hasil Popnas yang digelar Oktober mendatang,” kata Danny. (NIC)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.