Jebolan Yamaha U-13 Jadi Incaran Pencari Bakat

Kompas.com - 18/07/2011, 18:11 WIB
EditorAloysius Gonsaga

BANGKOK, Kompas.com - Tim Yamaha U-13 Indonesia gagal pertahankan gelar Yamaha U-13 ASEAN Cup 2011 karena gagal menang di final. Meskipun demikian, kualitas para pemain tim Yamaha U-13 Indonesia terbukti siap memasuki jenjang sepak bola profesional.

Di tahun kelima penyelenggaraan Yamaha U-13 ASEAN Cup, langkah tim Yamaha U-13 Indonesia untuk mempertahankan gelar dikandaskan tim Thailand I. Pada final yang digelar di Yamaha Stadium, Muang Thong Thani, Bangkok, Minggu (17/7/11), tim Yamaha U-13 Indonesia kalah tipis 1-2.

PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia, Indra Dwi Sunda, mengatakan meskipun kalah namun permainan tim Yamaha U-13 Indonesia sangat luar biasa. "Permainan anak-anak luar biasa bagus dengan teknik yang bagus pula. Fairplay dan menjunjung tinggi sportivitas. Runner-up cukup sebagai hasil yang maksimal dan ini dipersembahkan untuk Indonesia Raya," ucap Indra yang mendampingi tim Yamaha U-13 Indonesia di Thailand.

Dengan mengikuti ajang Yamaha U-13 baik di tingkat nasional maupun ASEAN, pengalaman berharga ini merupakan modal besar bagi para pemain muda untuk meniti karier professional. Terbukti, kualitas para pemain lulusan Yamaha U-13 selalu diburu pencari bakat.

"Sebagian besar lulusan kompetisi ini langsung diambil oleh tim-tim daerah mereka untuk menjadi calon pesepakbola profesional. Banyak pula yang sudah masuk ke jenjang profesional melalui berbagai aktivitas. Tercatat sekitar 100 lebih lulusan Yamaha U-13 bergabung dengan tim yunior yang ambil bagian pada kejuaraan di Swedia (Gothic Cup), Milan Junior Camp (program AC Milan) dan satu pemain yang berlatih di Uruguay (bersama tim nasional Indonesia U-14)," papar Indra.

Tahun lalu, tim Yamaha U-13 Indonesia juga tampil membanggakan sebagai runner-up Piala Menpora yang diikuti tim-tim U-13 Indonesia yang menjuarai ajang internasional.

Prestasi para pemain jebolan Yamaha U-13 itu menjadi bukti keberhasilan didikan Yamaha Indonesia. Juga menjadi bukti kepedulian Yamaha Indonesia terhadap sepak bola nasional untuk menjaring para pemain berbakat Tanah Air. Hal ini pun merupakan komitmen Yamaha untuk ikut membangun persepakbolaan Indonesia.

Perjalanan tim Yamaha U-13 Indonesia di Yamaha U-13 ASEAN Cup 2011

Tim Yamaha U-13 Indonesia tergabung dalam grup berat dengan Thailand II dan Malaysia. Pada pertandingan perdana di penyisihan grup, Indonesia ditahan imbang Thailand B 0-0 lalu memukul Malaysia 4-0. Keluar sebagai juara grup, Indonesia bertemu Vietnam di semifinal dengan hasil kemenangan besar 4-0.

Pada partai puncak, Indonesia gagal mempertahankan gelar setelah kalah tipis 1-2 dari Thailand I. Indonesia lebih dulu unggul 1-0 melalui gol yang dicetak Aldo Prasetyo di menit ke-15. Aldo mencetak gol indah melalui tendangan bebas dari jarak jauh. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X