Latihan Terakhir, Timnas Perlu Asah Mental

Kompas.com - 18/07/2011, 13:49 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Nasional Indonesia, Senin (18/7/2011), menjalani latihan terakhir jelang persiapan laga Pra-Piala Dunia 2014 melawan Turkmenistan, 23 Juli mendatang. Masih ada sejumlah masalah, antara lain kondisi fisik dan mental pemain.

Dalam latihan ini, seluruh pemain yang dipanggil telah mengikuti latihan. Mereka mendapat arahan langsung dari Pelatih Wim Rijsbergen yang didampingi asistennya, Rahmad Darmawan.

Menurut Rahmad, latihan kali ini lebih difokuskan kepada kerja sama tim. Namun, pria yang akrab disapa RD ini menilai kepaduan tim tak menjadi masalah yang berarti.

"Latihan hari ini menitikberatkan pada team work, organisasi permainan, dan set pieces. Soal kepaduan tim sebenarnya tidak terlalu masalah karena mereka pernah bermain bersama di bawah asuhan pelatih Alfred Riedl," ujar RD kepada wartawan.

"Yang jadi masalah hanya kondisi (fisik) pemain dan juga membangun kembali mental pemain," tambahnya tanpa merinci permasalahan tersebut.

Dalam pertandingan Sabtu nanti, kata Rahmad, tim "Garuda" akan menggunakan formasi ofensif 4-3-3 dengan beberapa modifikasi. Modifikasi ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan antarlini. "Kami akan bertahan dan menyerang secara seimbang," kata Rahmad.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X