Wim: Turkmenistan Misterius

Kompas.com - 16/07/2011, 17:07 WIB
EditorAloysius Gonsaga

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih baru tim nasional Indonesia, Wim Rijsbergen, mengaku masih buta kekuatan Turkmenistan. Menurut Wim, Turkmenistan adalah negara misterius yang sangat sulit dianalisis.

"Garuda" akan melakoni dua laga kualifikasi Pra-Piala Dunia melawan Turkmenistan pada 23 dan 28 Juli mendatang. Wim yang tiba di Jakarta kemarin baru bisa memimpin timnas latihan secara penuh hari ini.

"Saya tak tahu apa pun tentang Turkmenistan. Hanya sedikit informasi tentang mereka. Jadi, kami harus melakukan segala yang mungkin untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang mereka. Untuk saat ini, Asisten Pelatih Rahmad Darmawan telah melihat timnas U-23 mereka. Dan, hanya itu yang kami punya sekarang," kata Wim di salah satu hotel di Jakarta, Sabtu (16/7/2011).

"Periode ini terlalu singkat untuk melakoni pertandingan seperti ini. Ini bukan start yang bagus. Normalnya, Anda harus memiliki banyak video tentang lawan. Namun, tak banyak video tentang Turkmenistan. Ini adalah masalah besar," jelas pelatih asal Belanda tersebut.

"Jika Anda melawan negara seperti Turkmenistan, semua negara akan memiliki masalah yang sama. Jika Spanyol (juara dunia) juga melawan negara seperti Turkmenistan, mereka juga akan memiliki masalah yang sama seperti kami. Meski demikian, kami akan menghadapi masalah kami dan kami akan coba memberikan yang terbaik," ujar pelatih berusia 59 tahun tersebut.

Wim akan memilih 18 dari 25 pemain yang tersedia dari pelatnas untuk berangkat ke Turkmenistan pada 20 Juli mendatang.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X