Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF U-23 Batal Digelar di Jakabaring

Kompas.com - 14/07/2011, 18:40 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com — Indonesia SEA Games Organization Commitee (InaSOC) memastikan pertandingan Piala ASEAN Football Federation Under-23 (Piala AFF U-23) pada 26-27 Juli 2011 batal dilaksanakan di Palembang. Pasalnya, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sedang direnovasi.

"Saya pastikan Piala AFF U-23 batal digelar di Palembang dan akan dialihkan ke Jakarta," ujar Wakil Direktur InaSOC H Muddai Madang di Palembang, Rabu (13/7/2011) malam.

Dia menerangkan, saat ini Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sedang dibenahi untuk persiapan acara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI, 11-22 November 2011.

"Stadion Jakabaring saat ini sedang direnovasi. Jika menunggu ajang Piala AFF selesai, takutnya tidak akan selesai. Untuk kepentingan yang lebih besar, lebih baik pertandingan dipindahkan ke Jakarta," ujarnya.

Lagi pula, menurut Muddai, Provinsi Sumatera Selatan sebagai penyelenggara upacara pembukaan dan penutupan SEA Games membutuhkan konsentrasi penuh dalam menyiapkan diri.

"Nantinya jika harus menyelenggarakan Piala AFF, (kondisi ini) malah membuat panitia daerah tidak fokus dalam menyiapkan acara pembukaan dan penutupan SEA Games," ujar Muddai.

Menurut dia, meskipun tidak sebesar SEA Games, ajang Piala AFF dipastikan akan menyedot perhatian masyarakat.

"Ajang Piala AFF U-23 memang hanya dijadikan ajang pemanasan bagi negara-negara Asia Tenggara sebelum benar-benar berlaga pada SEA Games. Namun yang namanya pertandingan sepak bola tentu akan mengundang banyak penonton," kata dia.

Padahal untuk kepentingan acara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI di Palembang, beberapa bagian Stadion Jakabaring harus disterilkan untuk kepentingan renovasi.

"Stadion Jakabaring seusai renovasi akan benar-benar disterilkan dari kegiatan apa pun, kecuali untuk latihan para pengisi acara. Pemrpov Sumatera Selatan akan menyulap stadion seperti baru lagi," kata Muddai, yang juga Ketua Umum KONI Sumatera Selatan ini.

Stadion Jakabaring saat ini sedang dilakukan pengecatan, perbaikan bangku penonton, dan pembuatan taman-taman baru di sekitar stadion.

Sejak awal, perbaikan stadion berkapasitas 33.000 penonton ini tidak dilakukan dengan merombak secara total bangunan yang sudah ada, tetapi hanya memperbaiki bagian-bagian yang rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com