Uruguay Ikuti Jejak Argentina dan Cile

Kompas.com - 13/07/2011, 09:45 WIB
EditorHery Prasetyo

LA PLATA, KOMPAS.com - Uruguay mengikuti jejak Argentina, Kolombia dan Cile, lolos ke babak perempat final Copa America 2011 berkat kemenangan 1-0 atas Meksiko di laga terakhir Grup C, Rabu (13/7/2011) WIB.

Dengan tambahan tiga poin ini, Uruguay menempati posisi kedua klasemen akhir Grup C dengan lima poin. Mereka menggeser Peru, yang di pertandingan sebelumnya kalah 0-1 dari Cile, ke posisi ketiga dengan empat poin.

Diwajibkan menang untuk bisa lolos, Uruguay tampil menekan sejak awal. Mereka pun mampu mencetak gol saat pertandingan babak pertama baru berjalan 14 menit.

Tendangan bebas dari Diego Forlan memang masih bisa diselamatkan oleh kiper Meksiko, Luis Michel. Namun, bola muntah dan berhasil dimanfaatkan oleh Alvaro Pereira yang berada dalam posisi yang tepat untuk mencetak gol. Dengan tenang, pemain belakang Uruguay ini menceploskan bola ke gawang yang sudah tak terkawal.

Meksiko mencoba bangkit dan membalas. Percobaan pertama mereka ciptakan di menit ke-24. Meski sudah menemui sasaran, peluang tersebut gagal berbuah gol karena diblok dengan baik oleh kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Peluang tersebut ternyata menjadi satu-satunya peluang Meksiko di babak pertama. Sementara Uruguay berhasil menciptakan beberapa peluang termasuk kesempatan emas yang didapat dari bola hasil tendangan Forlan pada menit ke-29 yang hanya membentur mistar gawang.

Di babak kedua, Uruguay tetap tak menurunkan intensitas serangan mereka. Forlan dan Luis Suarez bergantian mengancam gawang Meksiko, tapi sayang semua peluang gagal dikonversikan menjadi gol.

Forlan menjadi sosok yang paling sial dalam pertandingan ini. Tercatat, pemain yang membela Atletico Madrid ini sebenarnya mendapat lima peluang. Tapi, selain digagalkan mistar gawang, kekurangtenangan Forlan dalam memanfaatkan peluang juga menjadi faktor kegagalannya mencetak gol.

Meksiko hampir saja membungkam tim lawan. Mereka sebenarnya berhasil mencetak gol lewat kaki Rafael Marquez Lugo pada menit ke-79. Namun, sebelumnya, Marquez sudah berada dalam posisi offside sehingga gol penting tersebut terpaksa dianulir oleh wasit.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan tetap 1-0 untuk Uruguay.

Susunan pemain
Uruguay
: Fernando Muslera, Alvaro Pereira, Diego Lugano, Victor Pereira, Sebastian Coates, Cristian Rodríguez (Sebastian Eguren 83), Diego Perez, Alvaro Gonzalez (Nicolas Lodeiro 68), Egidio Arevalo, Diego Forlan (Sebastian Abreu 89), Luis Suarez

Meksiko: Luis Michel, Paul Aguilar (Javier Aquino Carmona46), Darvin Francisco Chavez, Hiram Ricardo Mier Alanís, Héctor Reynoso Lopez, Jorge Enriquez Garcia, Miguel Ponce (Ivan Pachecho 70), Diego Rosales, Alejandro Araujo Razo, Giovani Dos Santos (Oribe Peralta Morones 46), Rafael Márquez Lugo



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X