Arsenal Bukan Tim Besar bila Lepas Fabregas-Nasri

Kompas.com - 12/07/2011, 17:55 WIB
EditorAloysius Gonsaga

KOMPAS.com — Arsenal dipastikan akan mengalami degradasi kualitas permainan bila jadi ditinggal dua bintangnya, Cesc Fabregas dan Samir Nasri. Hal ini juga disetujui oleh Arsene Wenger yang mengatakan bahwa tidak pantas bagi Arsenal untuk menyebut diri mereka sebagai tim besar bila melepas dua gelandang topnya tersebut.

Dikutip dari The Mirror, pelatih asal Perancis itu mengatakan, "Bayangkan situasi terburuknya, kami kehilangan Fabregas dan Nasri. Setelahnya, Anda tidak dapat meyakinkan orang-orang bahwa Anda ambisius."

"Bahkan jika Anda kehilangan Nasri, maka Anda harus menghabiskan kembali sejumlah uang untuk menemukan pemain berkualitas sama. Ketika kehilangan seorang pemain, maka Anda tak bisa mengatakan untuk tidak mencari penggantinya."

"Aku percaya bahwa setiap pesan yang kami sampaikan bermakna penting. Misalnya, Anda membicarakan tentang kepergian Fabregas dan Nasri. Jika mengeluarkan pesan seperti itu, maka Anda tidak bisa menyatakan diri sebagai tim besar. Ini karena pertama-tama, sebuah tim besar harus bisa menahan pemain-pemain bintangnya dan memberi pesan pada tim besar lainnya bahwa mereka tidak bisa sembarangan datang dan mengambilnya begitu saja."

"Kami bekerja sangat keras dengan pemain-pemain ini selama bertahun-tahun untuk mengembangkan mereka, dan sekaranglah saatnya untuk tetap menyatukan mereka."

Arsenal tentu tidak mau mengulangi kesalahan sama yang pernah dilakukan Barcelona. Tim asal Catalan itu telah mendidik Fabregas sejak usia 10 tahun dan membentuknya menjadi salah satu pemain muda paling potensial di dunia pada usia 16 tahun. Ironinya saat itu, tepatnya pada 2003, Wenger berhasil membujuk Fabregas untuk hijrah ke London dan menandatangani kontrak pertama sebagai pemain profesional di Arsenal.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X