Restu Menpora untuk Tim Yamaha U-13 Indonesia

Kompas.com - 08/07/2011, 17:44 WIB
EditorAloysius Gonsaga

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Yamaha U-13 Indonesia mendapatkan kehormatan bertemu langsung dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng di Kantor Menteri Pemuda dan Olahraga (Kantor Menpora), Jumat (8/7/2011). Pertemuan ini ditujukan untuk mendapatkan restu langsung dari Menpora sebelum tampil di Kejuaraan Yamaha U-13 ASEAN Cup yang akan digelar pada 14-18 Juli di Yamaha Stadium, Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand.

Disambut langsung Menpora di ruang kerjanya, 18 pemain yang tergabung dalam tim Yamaha U-13 Indonesia didampingi sang pelatih, Rahmat, dan PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia, Indra Dwi Sunda. Menpora mengungkapkan harapannya agar tim Yamaha U-13 Indonesia mempertahankan gelar yang diraih tahun lalu.

"Saya mengharapkan, di kejuaraan kali ini, tim Yamaha U-13 Indonesia akan menjadi juara lagi. Untuk itu, anak-anak harus tampil lepas tanpa beban. Dengan adanya event seperti ini, saya sangat berterima kasih kepada Yamaha, semoga menjadi contoh buat yang lain dan event ini terus berkesinambungan," ungkap Andi.

PR Corporate & Communication Head, Indra Dwi Sunda, mengatakan bahwa restu dari Menpora memberikan suntikan semangat besar bagi para pemain Yamaha U-13 Indonesia. "Anak-anak mendapatkan motivasi berlipat untuk membawa Garuda di dada demi mempertahankan gelar. Yamaha pun selalu berkomitmen untuk mendukung pembinaan sepak bola Indonesia melalui ajang Yamaha U-13. Terbukti, beberapa pemain yang pernah mengikuti Yamaha U-13 sudah ada yang terjaring masuk tim nasional Indonesia (di bawah umur)," sebut Indra.

Tahun lalu tim Yamaha U-13 Indonesia meraih gelar Yamaha U-13 ASEAN Cup setelah mengalahkan Thailand di final. Tahun ini Thailand kembali menjadi rival terberat Indonesia untuk mempertahankan gelar. "Target kami tahun ini masuk final dan menjadi juara. Thailand tetap menjadi pesaing terberat buat tim Indonesia," aku Rahmat, yang juga melatih tim Yamaha U-13 Indonesia tahun lalu.

Rahmat mengatakan, timnya wajib mewaspadai tim Yamaha U-13 Thailand karena pemain-pemain yang tergabung di dalamnya tahun ini turut membawa Thailand menjuarai Piala AFC U-13 Festival of Football dan Manchester United Premier Cup (MUPC) zona Asia Tenggara. "Namun, tim Yamaha U-13 Indonesia punya kekuatan terbaik di lapangan tengah serta teamwork dan disiplin tinggi. Jadi, saya optimistis dengan peluang tim Indonesia," tambah Rahmat.

Tim Yamaha U-13 Indonesia terdiri dari 18 pemain. Jumlah terbanyak, yaitu enam pemain, diambil dari tim Sulawesi Selatan yang menjuarai ajang Yamaha U-13 (Indonesia) yang diadakan di Lapangan GOR Ragunan, 4-5 Juni lalu. Di final Yamaha U-13 (Indonesia), Sulawesi Selatan mengalahkan DKI Jakarta.

Menuju final di Jakarta, sebelumnya digelar penyisihan yang diadakan di 11 provinsi, yaitu Sumatera Barat, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten, Jambi, Bali, Lampung, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan. Dari 11 provinsi tersebut diambil satu tim pemenang, kecuali Jawa Barat, yang diwakili dua tim, menuju babak 12 besar sekaligus disaring hingga final di Lapangan GOR Ragunan.

Turnamen Yamaha U-13 ASEAN Cup diikuti oleh enam negara. Selain Indonesia dan Thailand sebagai tuan rumah, ada Vietnam, Malaysia, Singapura, dan India.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X