Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jacksen: Bangun Tim Setingkat AFC

Kompas.com - 30/06/2011, 04:29 WIB

Jakarta, Kompas - Kesebelasan Persipura Jayapura harus terus dibangun hingga menjadi kesebelasan yang tingkat permainannya dengan tim-tim terbaik di Asia.

”Karena, tahun depan Persipura dipastikan bermain di tingkat yang lebih tinggi, yakni Liga Champions Asia. Jadi, tak cukup di tingkat ISL saja,” kata Jacksen F Tiago, Pelatih Persipura, yang membawa Persipura keluar sebagai pemenang Liga Super Indonesia (ISL) musim ini.

Hal itu disampaikan Jacksen setelah mendampingi Persipura menang 2-1 (0-1) dari tim All Star dalam laga bertajuk ”Perang Bintang” yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, Rabu (29/6) petang.

Persipura tertinggal lebih dulu pada babak pertama setelah M Ridwan dari Sriwijaya FC yang memperkuat tim All Star membobol gawang Persipura pada menit ke-32.

Memasuki babak kedua, Persipura baru bisa menyamakan kedudukan melalui gol gelandang energik asal Liberia, Zah Rahan Krangar, ketika permainan baru berlangsung 39 detik.

Kemudian atas berkat kerja sama Boaz Solossa dan Zah Rahan, membuat Zah Rahan kembali mampu menciptakan gol keduanya untuk tim ”Mutiara Hitam” pada menit ke-82.

Jacksen mengakui, tim All Star yang dibidani Nil Maezar benar-benar tim yang kuat. ”Mereka mampu mempersulit kami. Tetapi, berkat kedewasaan pemain Persipura yang tampil lebih sabar dan mau terus mempelajari kelemahan lawan, membuat merekalah yang berhak keluar sebagai pemenangnya,” ujarnya.

Persiapan

Pelatih asal Brasil itu menambahkan, pertarungan Persipura versus All Star tersebut sekaligus di jadikan uji coba timnya untuk bertarung di babak perempat final Piala AFC. Sekalipun masih panjang waktunya, Persipura saat ini sudah mempersiapkan program untuk tampil di perempat final Piala AFC.

Sesuai dengan jadwal pertandingan Piala AFC, Persipura baru akan bermain pada 13 September mendatang untuk menjamu kesebelasan Arbil asal Irak. Baru pada 27 September, Persipura bertandang ke Stadion Francouse Al-Hareeri, Irak.

”Masih banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum bermain melawan Arbil. Itu sebabnya, kami juga sudah berencana melakukan uji coba ke luar negeri, pertengahan Agustus atau awal September mendatang, sekalipun mungkin hanya ke Singapura,” ujarnya.

”Rasanya kami akan bermain kelawan kesebelasan Tampines Rovers asal Singapura sebab mereka hanya kalah 0-1 dari Arbil saat bermain di Irak. Kekalahan itu pun setelah perpanjangan waktu,” kata Jacksen. (NIC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com