Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsenal Tak Juara karena Direksi

Kompas.com - 13/06/2011, 00:11 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Salah satu pemegang saham Arsenal, Alisher Usmanov, menilai direksi bertanggung jawab atas kegagalan tim itu meraih gelar dalam enam musim terakhir. Menurutnya, selain harus mulai mengeluarkan anggaran transfer besar untuk memperkuat skuad, Arsenal juga harus bisa mempertahankan pemain terbaik, misalnya, Cesc Fabregas dan Samir Nasri.

"Jika peran direksi adalah mengevaluasi periode puasa gelar dan di sisi lain mencari keuntungan pribadi dan menaikkan harga tiket, saya tidak mau berada dalam direksi," ujar Usmanov.

"Namun, jika tujuannya adalah mencapai sukses jangka panjang, meningkatkan investasi klub, membantu mengembangkan potensi komersial, dan memastikan suara pendukung didengar dalam pengambilan kebijakan klub, saya tentunya punya sesuatu untuk diberikan kepada klub ini."

"Dalam hal melakukan sesuatu secara berbeda, saya akan berikan Anda contoh jelas. Sejumlah kontrak komersial Arsenal yang bernilai besar akan habis dalam dua musim mendatang. Bukan rahasia bahwa untuk memaksimalkan nilai kontrak komersial itu, Anda harus sukses di lapangan dan meraih trofi."

"Untuk melakukan itu, Anda perlu berinvestasi membangun tim juara sekarang. Ini adalah logika komersial sederhana. Apakah itu akan tercapai, kita akan lihat."

"Ada banyak pendapat dari pengamat, dan saya setuju dengan salah satunya, yaitu bahwa klub harus membenahi lini pertahanan, dengan kiper yang dominan, bek tengah yang kuat, dan gelandang punya daya tahan tinggi, seperti Claude Makalele."

"Premier League adalah salah satu liga paling kompetitif di dunia. Sementara itu, kami secara konsisten bersaing meraih gelar. Klub harus mengembangkan pemain dan membeli pemain top untuk meraih semua gelar yang kita inginkan. Ini menuntut investasi lebih besar, yang sejauh ini saya yakin tidak ada."

"Hal yang tidak jelas adalah apakah direksi memiliki pemahaman yang sama. Untuk periode begitu panjang, mereka tampak gembira melihat tim finis di urutan kedua, ketiga, dan keempat. Padahal, sementara begitu, mereka berencana menjual saham mereka."

"Jelas, target utama Arsenal adalah mempertahankan pemain bintang seperti Samir Nasri dan Cesc Fabregas," paparnya. (DM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com