Klub Kian Kaya, Pengeluaran Naik

Kompas.com - 10/06/2011, 03:56 WIB
Editor

London, Kamis - Hasil penelitian yang dipublikasikan hari Kamis (9/6) menunjukkan, pendapatan klub-klub Liga Inggris tahun 2010 untuk pertama kalinya menembus angka fantastis, yaitu 2 miliar poundsterling (sekitar Rp 28 triliun). Kenaikan pendapatan klub-klub berbanding lurus dengan jumlah gaji pemain yang harus dibayar pun kian meroket.

Dalam laporan penelitian oleh perusahaan akuntan dan keuangan Deloitte berjudul The 20th Annual Review of Football Finance menunjukkan, klub-klub Liga Inggris mendapat 2,030 miliar poundsterling tahun 2009/ 2010. Jumlah itu diperkirakan meningkat menjadi 2,2 miliar poundsterling tahun 2010/2011 ketika kontrak-kontrak baru dengan televisi ditandatangani.

Penelitian itu menunjukkan bahwa setiap peningkatan pendapatan klub sebesar 49 juta poundsterling akan dilampaui peningkatan jumlah gaji pemain yang harus dibayar, yakni 64 juta poundsterling.

Artinya, klub-klub yang pendapatannya sekitar 2 miliar poundsterling harus membayar gaji pemain 1,4 miliar poundsterling, atau sekitar 68 persen dari semua pendapatan klub-klub.

Liga Inggris adalah liga yang paling banyak meraup keuntungan di Eropa. Liga Jerman meraup 1,4 miliar poundsterling, Liga Spanyol dan Italia masing-masing meraih 1,3 miliar poundsterling, serta Liga Perancis 0,9 miliar poundsterling.

Masalah keuangan

Chelsea adalah klub dengan jumlah alokasi gaji pemain terbesar, yakni 174 juta poundsterling, diikuti Manchester City (133 juta poundsterling) dan Manchester United (132 juta poundsterling).

Bahkan, gaji pemain Manchester City yang harus dibayar manajemen 107 persen dari pendapatan klub.

Klub MU lebih sehat dari segi keuangan dibandingkan dengan klub sekotanya karena rasio gaji pemain dibandingkan pendapatan klub baru 46 persen.

Masalah keuangan yang membelit Manchester City dapat dialami klub mana pun. Oleh karena itu, UEFA menyusun aturan baru, yakni UEFA Financial Fair Play Regulations.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X