Berkat Young, Inggris Selamat dari Kekalahan

Kompas.com - 05/06/2011, 00:25 WIB
EditorTjatur Wiharyo

LONDON, KOMPAS.com — Gelandang Ashley Young mencetak gol yang membuat Inggris bisa mendulang hasil seri 2-2 saat menjamu Swiss dalam lanjutan fase Grup G kualifikasi Piala Eropa 2012, di Stadion Wembley, Sabtu (4/6/2011). Inggris masih menguasai klasemen dengan 11 poin, atau unggul satu angka dari pesaing terdekat, Montenegro, yang memiliki satu laga tunda.

Inggris mengawali pertandingan dengan sebuah serangan cepat yang berujung eksekusi Glen Johnson pada menit ketiga. Namun, tembakan akurat yang dilepaskan dari dalam kotak 16 meter itu bisa diblok Diego Benaglio.

Swiss bereaksi cepat membalas serangan itu dengan tiga ancaman beruntun melalui Eren Derdiyok (6, 11) dan Gokhan Inler (8). Tembakan pertama Derdiyok dan Inler mengarah tepat ke sasaran. Namun, Hart bisa mengantisipasinya.

Setelah itu, kedua kubu berebut bola dan bergantian melancarkan serangan. Namun, masing-masing kubu itu kesulitan menuntaskan serangan dengan eksekusi.

Theo Walcott tampak cukup dominan bergerak di sektor kanan penyerangan Inggris. Namun, umpan-umpannya mudah dibaca dan diblok lawan.

Pada menit ke-27, Walcott melepaskan umpan silang yang diblok lawan. Namun, bola bergulir kepada Frank Lampard yang kemudian melambungkannya ke tengah kotak penalti. Rio Ferdinand berhasil menanduk bola, tetapi bola melambung di atas mistar.

Swiss bereaksi cepat membalas serangan itu. Mereka menguasai bola dengan cukup baik, tetapi kesulitan menemukan celah untuk menembak.

Di tengah kesulitan itu, Swiss mendapat hadiah tendangan bebas, menyusul pelanggaran Lampard kepada Tranquillo Barnetta. Barnetta yang dipercaya melakukan eksekusi berhasil mengirim bola masuk gawang Hart.

Inggris belum menciptakan peluang ketika pada menit ke-35, Swiss kembali mendapatkan hadiah tendangan bebas, setelah pelanggaran Scott Parker kepada Reto Ziegler. Barnetta kembali dipercaya melakukan eksekusi dan lagi-lagi berhasil membobol gawang Hart.

Semenit setelahnya, Inggris memperkecil ketinggalan melalui Frank Lampard dari titik penalti, setelah Jack Wilshere dilanggar Johan Djourou.

Halaman:


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X