Trofi 2011 Selamanya Milik Barca

Kompas.com - 18/05/2011, 00:57 WIB
EditorTjatur Wiharyo

BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona berhak menyimpan trofi Liga BBVA musim ini secara permanen karena itu adalah gelar ketiga mereka dalam tiga musim terakhir. Ini adalah keempat kalinya Barcelona berhak menyimpan trofi secara permanen.

UEFA punya kebiasaan memberikan secara permanen trofi Liga Champions atau Liga Europa kepada klub yang menjuarai ajang tersebut sebanyak lima kali. Liga Spanyol juga punya kebiasaan begitu, meski ada perbedaannya.

Di Spanyol, sebuah tim bisa menyimpan trofi liga secara permanen jika berhasil menjadi juara sebanyak lima kali, sebelum ada klub lain yang mendului mereka menjadi juara sebanyak lima kali. Sebuah tim juga berhak menyimpan trofi secara permanen setelah menjuarai liga tiga kali berturut-turut.

Sampai menjadi juara sebanyak lima kali atau tiga kali secara beruntun, klub hanya bisa menyimpan trofi selama satu musim. Setelahnya, mereka harus mengembalikannya kepada liga untuk diserahkan kepada juara musim berikutnya.

Sebagai gantinya, klub akan mendapatkan trofi dengan skala lebih kecil dari aslinya untuk disimpan di museum mereka.

Begitu sebuah tim mendapatkan trofi asli secara permanen, semua klub akan kembali bersaing merebut lima gelar atau tiga kali secara beruntun dari nol

Dengan begitu, ketika Real Madrid telah menjadi juara liga sebanyak empat kali dan dan Barcelona lima kali, keempat gelar Madrid itu tak akan diperhitungkan dalam perebutan trofi permanen berikutnya. (SF)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X