Mourinho Harusnya Legawa

Kompas.com - 04/05/2011, 23:46 WIB
EditorHery Prasetyo

MADRID, KOMPAS.com — Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, dinilai tidak pantas menyalahkan wasit sebagai biang kekalahan timnya dari Barcelona. Mourinho seharusnya legawa menerima kekalahan.

Hal itu diungkapkan oleh mantan Presiden Real Madrid, Ramon Calderon. Ia mengkritik tindakan Jose Mourinho yang kerap mengkritik wasit yang dinilainya selalu berpihak kepada Barcelona.

Saat Madrid ditekuk 0-2 di semifinal leg pertama Liga Champions, Mourinho dikartu merah karena memprotes kebijakan wasit yang mengusir Pepe setelah melanggar Dani Alves. Mourinho menuding ada kekuatan besar yang melindungi Barca sehingga bisa memengaruhi kinerja wasit di lapangan.

Selain Mourinho, para penggawa Madrid juga kerap melontarkan pernyataan pedas. Cristiano Ronaldo, misalnya, mengkritik keputusan wasit yang menganulir gol Gonzalo Higuain saat bermain imbang 1-1 melawan Barcelona di leg kedua. Menurutnya, Madrid selalu hidup dalam ketidakadilan.

"Berbicara seperti itu sangat berbahaya bagi Madrid. Klub besar tidak seharusnya menyalahkan wasit atas kesalahan yang mereka buat atau kekalahan," tukas Calderon kepada BBC.

"Kami sudah menginvestasikan 400 juta poundsterling dalam dua musim terakhir untuk membangun tim yang kuat. Jadi, jika Anda kalah, Anda tak bisa menyalahkan cedera, nasib buruk, wasit, atau apa pun. Jika Anda kalah, Anda harus mengucapkan selamat kepada rival Anda. Apa yang dia bicarakan soal UEFA dan wasit tidak bisa diterima sama sekali," tegasnya. (BBC)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X