Madrid Kalah dengan 10 Orang Lagi - Kompas.com

Madrid Kalah dengan 10 Orang Lagi

Kompas.com - 01/05/2011, 00:45 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-87, Real Madrid menyerah 2-3 kepada Zaragoza dalam lanjutan Liga BBVA, di Santiago Bernabeu, Sabtu (30/4/2011). Ini kedua kalinya secara beruntun Madrid kalah dan mengakhiri laga dengan sepuluh pemain.

Madrid menghadapi Zaragoza dengan bekal kekalahan 0-2 dari Barcelona pada leg pertama semifinal Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Rabu (27/4/2011). Saat itu mereka bermain dengan sepuluh orang sejak bek Pepe diganjar kartu merah setelah melanggar Dani Alves pada menit ke-60.

Melawan Zaragoza, Madrid mengawali permainan dengan sejumlah pemain lapis dua. Dengan komposisi tersebut, Madrid mampu mendominasi permainan, tetapi sulit menciptakan peluang.

Mereka bahkan ketinggalan lebih dulu akibat gol Lafita pada menit ke-41. Gol bermula dari umpan Gabi yang berhasil dikuasai Ikechukwu Uche.

Bek Ricardo Carvalho dan kiper Iker Casillas bergerak mendekati Uche dan menutup ruang tembak. Namun, Uche lebih dulu melepas umpan yang diterima dan ditembakkan Lafita masuk gawang.

Setelah menutup babak pertama dengan keadaan 1-0 untuk tim tamu, Jose Mourinho menarik Nacho dan Esteban Granero dan memasukkan Mesut Oezil dan Angel Di Maria.

Namun, belum lagi perubahan itu memberikan dampak signifikan, Madrid melihat diri mereka tertinggal 0-2, akibat gol Gabi dari titik penalti pada menit ke-54, menyusul pelanggaran Carvalho kepada Lafita.

Madrid sempat memangkas selisih melalui Sergio Ramos pada menit ke-62. Dari tengah kotak penalti, ia menanduk umpan Mesut Oezil masuk sudut kiri bawah gawang Antonio Doblas.

Namun, belum lagi menambah gol, Madrid kembali melihat Lafita membobol gawang mereka pada menit ke-77. Lagi-lagi, ia menaklukkan Iker Casillas dengan memanfaatkan umpan Uche.

Enam menit sebelum bubaran, Madrid mendapat gol kedua dari Karim Benzema. Dari tengah kotak penalti, ia menembakkan bola kiriman Gonzalo Higuain masuk sudut kanan bawah gawang tim tamu.

Belum mampu mencapai target, Madrid mendapat bencana kartu kuning kedua yang diterima Ricardo Carvalho setelah melanggar Uche pada menit ke-86.

Meski kalah jumlah, Madrid masih mampu mendesak Zaragoza dan melepaskan sejumlah tembakan akurat, melalui Angel Di Maria pada menit ke-84, misalnya. Namun, skor 3-2 untuk tim tamu tak berubah sampai akhir.

Selama 90 menit, Madrid menguasai bola sebanyak 71 persen dan menciptakan tujuh peluang emas dari 18 usaha. Adapun Zaragoza melepaskan empat tembakan akurat dari sepuluh usaha.

Dengan hasil tersebut, Madrid tertahan di peringkat kedua dengan 80 poin atau kalah delapan angka dari penguasa sementara, Barcelona.

Susunan pemain:
Madrid:
Iker Casillas; Ricardo Carvalho, Ezequiel Carvalho, Nacho (Marcelo 53), Sergio Ramos; Esteban Granero (Mesut Oezil 60), Pepe, Sergio Canales (Angel Di Maria 53), Ginzalo Higuain; Karim Benzema, Kaka

Zaragoza: Antonio Doblas; Maurizio Lanzaro, Paulo Da Silva, Jiri Jarosik, Carlos Diogo; Gabi, Leonardo Ponzio, Lafita (Guirane N'Daw 89), Jorge Lopez; Ikechukwu Uche

Wasit: Miguel Angel Ayza


EditorTjatur Wiharyo

Close Ads X