Barca Rp 5 Miliar Lebih Boros dari Madrid

Kompas.com - 22/04/2011, 08:25 WIB
EditorTjatur Wiharyo

MADRID, KOMPAS.com — Sementara Barcelona disebut Sporting Intelligence menggaji pemain dengan nilai 7,9 juta dollar AS atau sekitar Rp 68 miliar per tahun, Real Madrid 7,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 63 miliar per tahun. Keduanya pun menduduki puncak daftar klub beranggaran gaji pemain terbesar dunia.

Peringkat ketiga diisi klub bisbol Amerika Serikat, New York Yankees, yang memiliki anggaran untuk gaji pemain sebesar 6,8 juta dollar AS atau sekitar Rp 58 miliar.

Klub bola basket AS, Los Angeles Lakers dan Orlando Magic, menduduki peringkat kelima dan keenam. Adapun klub sepak bola Chelsea berada di tempat keenam daftar tersebut.

"Kami sudah mengetahui bahwa selama bertahun-tahun, pengeluaran terbesar berasal dari klub bola basket dan bisbol Amerika Serikat. Namun, terjadi peningkatan gaji terus-menerus dari klub sepak bola Eropa yang membuat selisih semakin pendek," ujar pembuat laporan Sporting Intelligence tersebut, Nick Harris.

"Peraturan Financial Fairplay (dari UEFA) akan mengerem inflasi dalam sepak bola beberapa tahun ke depan. Namun, untuk saat ini, klub-klub besar Eropa masih mengeluarkan banyak uang," tambahnya.

Financial Fairplay menentukan klub untuk membelanjakan uang sesuai pendapatan mereka, bukan suntikan uang pribadi pemilik atau pihak mana pun. Peraturan ini menurut UEFA akan diterapkan mulai musim 2011-2012. (BBC)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X