Ultah Ke-81, PSSI Tumpengan

Kompas.com - 19/04/2011, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PSSI pada hari Selasa (19/4/2011) ini merayakan ulang tahunnya yang ke-81. Induk sepak bola tertinggi Indonesia itu merayakannya dengan dua tumpeng nasi kuning dan makanan khas daerah lainnya disiapkan sejak siang hari. Doa dan harapan juga dipanjatkan semua karyawan serta petinggi PSSI.

"Ulang tahun kali ini memang sengaja dibuat sederhana agar bisa memberikan inspirasi bagi semua. Sepak bola sebetulnya sederhana. Tidak rumit dan tidak perlu dibuat rumit," kata Plt Sekjen PSSI Joko Driyono, Selasa (19/4/2011).

Acara ini tidak hanya dihadiri dari kalangan internal PSSI, tetapi juga dihadiri oleh karyawan-karyawan PT Liga Indonesia. Joko berharap berkah dari ultah ini dapat sedikit mengendurkan urat syaraf ketegangan di tengah konflik PSSI.

Menilik pada sejarah, PSSI sendiri didirikan oleh Ir Soeratin Sosrosoegondo pada 19 April 1930 di Yogyakarta dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Misi utama Soeratin adalah menciptakan wadah yang bisa mengumpulkan orang-orang Indonesia untuk tujuan perjuangan. Ia sadar bahwa sepak bola dapat menjadi salah satu alat perjuangan Indonesia yang ketika itu masih dijajah Belanda.

Soeratin kemudian bergerilya menemui pemain sepak bola, pemilik klub, hingga menggelar pertemuan-pertemuan yang pada muaranya adalah untuk membentuk satu gerakan dan satu wadah organisasi secara nasional. Pada akhirnya terbentuklah PSSI di mana Soeratin yang terpilih menjadi ketuanya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorA. Wisnubrata
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X