Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agum Akan Bertemu Blatter 19 April

Kompas.com - 12/04/2011, 03:46 WIB

Jakarta, kompas - Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar akan berkonsultasi dengan Presiden FIFA Sepp Blatter dalam pertemuan yang dijadwalkan 19 April mendatang di Swiss terkait bisa atau tidak dicalonkannya Nirwan Bakrie, George Toisutta, dan Arifin Panigoro sebagai ketua umum PSSI periode 2011-2015.

”Semua akan clear (jelas) ketika saya bertemu Presiden FIFA. Saya dijadwalkan bertemu Sepp Blatter tanggal 19 April pukul 10.30,” ujar Agum dalam jumpa pers di kantor PSSI, Jakarta, Senin (11/4). Jumpa pers digelar setelah Komite Normalisasi menerima 11 orang perwakilan 78 anggota PSSI pemilik suara yang menggelar kongres di Pekanbaru 26 Maret lalu.

Dalam keputusan yang dirilis 4 April lalu, FIFA menyatakan, empat kandidat yang pernah ditolak Komite Banding pada 28 Februari 2011 tidak boleh lagi dicalonkan sebagai ketua umum (ketum) PSSI. Keempat kandidat itu adalah Nurdin Halid, Nirwan Bakrie, George Toisutta, dan Arifin Panigoro.

Sementara tak ada perdebatan soal status Nurdin, yang kepemimpinannya dinyatakan FIFA ”telah kehilangan seluruh kredibilitas dan tidak berhak lagi memimpin penyelesaian krisis sepak bola di Indonesia”, muncul perdebatan soal status tiga kandidat lain.

Hal itu pula salah satu poin yang dicuatkan 11 wakil ”Kelompok 78” pada jumpa pers di tempat sama sebelum Komite Normalisasi memberi keterangan kepada media. Menurut Wishnu Wardhana (Persebaya Surabaya) dan Yunus Nusi (Persisam Putra Samarinda), sesuai aturan, FIFA tidak berhak melarang ketiga kandidat—di luar Nurdin Halid— sebagai calon ketum PSSI.

”Kami legawa dengan keputusan FIFA (yang tak mengakui Komite Pemilihan dan Komite Banding hasil kongres di Pekanbaru). Namun, kami meminta Komite Normalisasi menjalankan roda organisasi (PSSI) sesuai aturan FIFA,” ujar Yunus.

”Kelompok 78”—saat ini diklaim telah bertambah menjadi 87 anggota PSSI pemilik suara— bersikukuh tetap mencalonkan Toisutta dan Arifin pada kongres pemilihan ketum PSSI 2011-2015, yang dijadwalkan 20 Mei mendatang.

Komite Normalisasi telah menetapkan jadwal pendaftaran bakal calon ketum, wakil ketum, dan anggota Komite Eksekutif PSSI pada 12-17 April. Anggota Komite Normalisasi, Joko Driyono, memaparkan, proses verifikasi para bakal calon itu berlangsung hingga 22 April dan proses banding hingga 27 April.

Dengan tahapan-tahapan tersebut, jika Toisutta, Arifin, dan Nirwan didaftarkan sebagai bakal calon ketum PSSI, ketiganya dapat berharap agar pertemuan Agum dengan Blatter yang dijadwalkan 19 April bisa menganulir keputusan FIFA soal pelarangan mereka untuk dicalonkan.

”Hal itu harus diputuskan Komite Normalisasi PSSI dengan mengacu pada Statuta PSSI,” demikian Bagian Media FIFA melalui surat elektronik saat menjawab pertanyaan wartawan terkait pencalonan ketiga kandidat itu, pada 7 April lalu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com