Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hukum Rooney, Wasit Tertekan

Kompas.com - 09/04/2011, 01:48 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manajer Manchester United Alex Ferguson mengatakan, dengan menjatuhkan sanksi skorsing kepada Wayne Rooney karena berkata-kata kasar, FA telah memberikan tekanan kepada wasit karena mereka akan mempunyai tanggung jawab moral untuk menghukum siapa pun di masa mendatang yang berlaku seperti Rooney.

Rooney berkata-kata kasar dalam perayaan gol ketiganya (dari tiga) ke gawang West Ham United dalam lanjutan Premier League, akhir pekan lalu, yang berakhir 4-2 untuk MU. FA kemudian menggugat Rooney telah bertindak tidak pantas dan mengancamnya dengan sanksi skorsing dua pertandingan.

Rooney kemudian mengajukan bantahan. FA menolaknya dan Rooney pun bakal absen dalam dua pertandingan domestik terdekat MU, yaitu melawan Fulham di Premier League dan Manchester City di semifinal Piala FA.

Menurut Ferguson, sebelum Rooney, ada pemain lain yang bertindak serupa itu, tetapi tak dihukum dan, mulai sekarang, akan aneh jika wasit tak memberikan sanksi kepada siapa pun yang bertindak seperti Rooney.

"Sulit dibayangkan wasit mengusir pemain karena merayakan hattrick. Namun, (wasit) telah menjadikan diri mereka pusat perhatian. Jika ia tidak mengusir pemain karena bersumpah serapah, akan muncul pertanyaan soal acuan mana yang dipakainya," ujar Ferguson.

"Posisi ini sulit bagi wasit. Saya merasakannya. Saya tak tahu arah kariernya setelah ini. Saya pikir, ia menempatkan dirinya dalam tekanan."

"Kami mengajukan bantahan dan (Rooney) telah menulis surat dan meminta maaf karena berkata kasar. Namun, sejujurnya kepada Anda (wartawan) saya katakan, saya tak mengharapkan mendapat hasil (sesuai harapan)," tuturnya. (SCN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com