Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madrid Hajar "Spurs" 4-0

Kompas.com - 06/04/2011, 03:29 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Real Madrid membuka peluang ke semifinal Liga Champions, setelah menghajar Tottenham Hotspur 4-0 pada pertandingan leg pertama babak perempat final, Selasa atau Rabu (6/4/2011) dini hari WIB.

Tak ingin kecolongan seperti saat kalah 0-1 dari Sporting Gijon, Pelatih Madrid, Jose Mourinho, menurunkan skuad terbaiknya, termasuk memainkan Cristiano Ronaldo dan Marcelo. Mourinho mengambil risiko dengan menurunkan Ronaldo sejak awal meski kondisi pemain asal Portugal tersebut belum pulih benar. Kehadiran Ronaldo diharapkan bisa mempertajam lini depan setelah Karim Benzema absen akibat cedera.

Namun, justru Emmanuel Adebayor yang membawa Madrid unggul. Bola hasil tandukannya pada menit keempat memanfaatkan tendangan sudut gagal diselamatkan dengan baik oleh kiper "Spurs", Heurelho Gomes.

Ironis bagi "Spurs", setelah tertinggal, mereka harus bermain dengan sepuluh pemain karena Peter Crouch mendapat kartu merah. Tekel keras Crouch yang menghantam Marcelo berbuah kartu kuning kedua. Sebenarnya tekel ini tak perlu karena Marcelo tak berada dalam posisi yang mengancam.

Praktis, "Spurs" hanya bisa bertahan setelah bermain dengan sepuluh orang. Madrid pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk meningkatkan tekanan mereka kepada tim tamu.

Namun, bukan berarti "Spurs" tak punya peluang. Pada menit ke-30, Gareth Bale yang lolos dari jebakan offside berhasil menusuk ke dalam kotak penalti Madrid. Sayang, saat mengeksekusi bola, keseimbangan tubuhnya goyah sehingga membuat bola tendangannya tidak sempurna.

Madrid sendiri gagal memanfaatkan beberapa peluang yang mereka miliki, termasuk saat bola sundulan Sergio Ramos melebar ke sisi kanan gawang Gomes dan tendangan Angel Di Maria yang gagal mempersembahkan gol meski sudah mengarah ke gawang. Kedudukan 1-0 pun bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Madrid langsung mengurung pertahanan "Spurs".  Namun, pertahanan ketat membuat Madrid kesulitan menembus gawang Gomes, setidaknya hingga Adebayor mencetak gol keduanya pada menit ke-57.

Memanfaatkan umpan yang dilepaskan Marcelo dari sisi kiri, Adebayor melepaskan tandukan yang membuat bola masuk ke gawang "Spurs". Gomes sendiri hanya bisa terpana melihat bola menembus gawangnya.

Pada menit ke-66, tandukan Adebayor hampir menjebol gawang Gomes lagi. Tetapi, kali ini Gomes bertindak sigap menghalau bola hasil tandukan pemain asal Togo tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com