Panglima TNI Bantah Toisutta Kerahkan Tentara

Kompas.com - 04/04/2011, 18:02 WIB
EditorAloysius Gonsaga

JAKARTA, KOMPAS.com — Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono membantah bahwa Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta mengerahkan tentara ke arena Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu. Menurut Agus, keberadaan anggotanya merupakan permintaan dari pihak kepolisian setempat.

"Keterlibatan TNI atas dasar permintaan kepolisian setempat bukan atas instruksi KSAD George Toisutta sebagai salah satu calon ketua umum PSSI," katanya saat membaca jawaban tertulis atas pertanyaan dewan dalam rapat kerja di Komisi I DPR RI, Senin (4/4/2011).

Menurutnya pula, pencalonan Toisutta sudah sesuai ketentuan internal TNI. Oleh karena itu, Agus mengatakan bahwa Toisutta sama sekali tidak menyalahi aturan hukum yang ada. Meski hadir mendampingi Agus dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Toisutta belum berkesempatan ditanyai oleh para jurnalis.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah perwira TNI secara mengejutkan datang ke Kongres PSSI di Hotel The Premier, Pekanbaru, Riau, 26 Maret lalu. Menurut Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Papua, Usman Fakaubun, para tentara itu sekadar menjaga keamanan kongres.

Para perwira TNI itu datang pascakericuhan yang terjadi dalam kongres pada sore harinya. Kehadiran para tentara ini dipertanyakan banyak pihak.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X