Panglima TNI: Jangan Kaitkan TNI di Kongres dengan GT

Kompas.com - 01/04/2011, 00:41 WIB
EditorHery Prasetyo

JAKARTA, KOMPAS.com Panglima TNI Lakasama Agus Suhartono tidak ingin penjagaan TNI pada Kongres PSSI di Pekan Baru, Riau, Sabtu (26/3/2011), dikait-kaitkan dengan masuknya Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal George Toisutta (GT) dalam bursa calon ketua umum PSSI.

Menurutnya, kehadiran pasukan TNI itu atas permintaan Polri dan sudah sesuai dengan prosedur pengamanan.

"Saya minta PSSI jangan dikait-kaitkan dengan TNI, tidak ada hubungannya. Namun, bahwa keberadaan anggota TNI diperlukan untuk mengamankan suatu kegiatan, itu benar," papar Agus Suhartono seusai pertemuan ASEAN Chiefs of Defense Forces Informal Meeting (ACDFIS) di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (31/3/2011).

Menurutnya, hadirnya anggota TNI dalam Kongres PSSI di Riau lalu telah sesuai dengan prosedur dan tidak ada kaitannya dengan salah satu bakal calon ketua PSSI yang berasal dari TNI. "Itu tentu atas permintaan Kepolisian Republik Indonesia, sesuai prosedur yang ditetapkan. Jadi, jangan dikait-kaitkan karena ada salah satu calon itu (George Toisutta)," ucap Agus.

Ia tidak mempermasalahkan jika ada anggotanya yang ingin terjun dalam pembinaan olahraga. Namun, Agus menegaskan bahwa anggota-anggota tersebut jangan sampai meninggalkan tugas pokoknya sebagai prajurit TNI.

"Untuk pembinaan olahraga, semua warga negara diizinkan untuk itu. Saya sebagai Ketua Umum Ski Air Seluruh Indonesia, jadi sama saja dengan PSSI. Namun hal ini dilakukan tentu tanpa mengabaikan tugas pokok yang diberikan kepada personel tersebut," ungkapnya.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X