Kongres PSSI Sebaiknya Ditunda

Kompas.com - 23/03/2011, 18:03 WIB
EditorAloysius Gonsaga

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat sepak bola, Eddi Elison, berpendapat, Kongres PSSI sebaiknya ditunda karena induk sepak bola tertinggi di Indonesia itu melakukan beberapa pelanggaran menjelang kongres tersebut.

”Saya pikir kongres harus ditunda karena melakukan banyak pelanggaran,” kata Eddi kepada wartawan di Hotel Gran Melia, Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Kongres PSSI akan dilaksanakan dalam dua tahap. Sebelum menggelar kongres pemilihan ketua umum pada 29 April, PSSI akan terlebih dulu menggelar kongres untuk membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding di Pekanbaru, Riau, Sabtu (26/3/2011). Eddi menilai, PSSI telah melakukan bebeberapa pelanggaran jelang kongres Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Pelanggaran yang dimaksud Eddi adalah belum semua pemilik suara mendapatkan peraturan organisasi. ”Mereka juga membuat peraturan yang melanggar Electoral Code. Masa calon anggota Komite Pemilihan harus didukung lima suara. Padahal, anggota Komite Pemilihan satu orang bisa,” kata Eddy.

Oleh karena itu, Eddy meminta pemerintah, dalam hal ini Menpora, untuk menindak dengan tegas pelanggaran yang dilakukan PSSI. ”Menpora sebaiknya melaporkan ini ke FIFA. Bila perlu, dibekukan saja PSSI. Paling enam bulan kalau dibekukan. Hal ini pernah dipraktijkan di Australia dan China,” ujarnya.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X