Prandelli Pertimbangkan Dua Terpidana

Kompas.com - 22/03/2011, 04:01 WIB
EditorHery Prasetyo

ROMA, ITALIA, KOMPAS.com - Pelatih timnas Italia, Cesare Prandelli, mengumumkan bahwa striker Manchester City, Mario Balotelli, dan gelandang AS Roma, Daniele De Rossi, kemungkinan tampil saat Italia berhadapan dengan Ukraina dalam laga persahabatan, 29 Maret mendatang.

Namun, keduanya akan absen saat Italia bertemu dengan Slovenia dalam kualifikasi Pial Eropa 2012, Jumat (25/3/2011), akibat sikap tak terpuji yang mereka lakukan saat membela klub masing-masing. Dengan perbuatannya tersebut keduanya telah melanggar kode etik "Gli Azzurri".

"Kelalaian mereka hanya untuk satu pertandingan. Kami akan melihat kemungkinan di pertandingan berikutnya melawan Ukraina di Kiev," kata Prandelli.

Perbuatan kedua pemain tersebut memang tak pantas dilakukan oleh pemain sekelas mereka. Balotelli harus menerima kartu merah karena menerjang pemain lawan saat City menang 1-0 atas Dinamo Kiev di Liga Europa. Sementara De Rossi dikenai sanski tiga pertandingan oleh Uni Federasi Sepak Bola (UEFA) akibat menyikut pemain Shakhtar Donetsk ketika kedua tim bertemu di leg kedua 16 besar Liga Champions.

"Seseorang harus berusaha menjadi loyal dan menjadi olahragawan. Kode etik kami memenuhi dua hal tersebut. Jika tidak, kami tidak akan kredibel. Hal ini dipahami oleh semua pihak dan tak seorang pun yang keberatan dengan hal ini," tegas Prandelli lagi.

Prandelli mengaku sudah berbicara dengan Balotelli. Namun, ia belum menghubungi De Rossi untuk berbicara secara pribadi dengannya.

"Balotelli. Apa yang terjadi, terjadilah. Dia orang yang paling kecewa. Saya berbicara dengannya dan dia meminta saya membantunya. Dia bertanya kepada saya bagaimana untuk tidak mengacaukan segalanya," jelas mantan pelatih Fiorentina ini.

"Saya belum berbicara dengan De Rosi tapi saya membaca komentar terakhirnya dan saya senang dengan itu," sambungnya.

Sebelumnya De Rossi sudah menerima keputusan Prandelli yang tak memasukkannya dalam skuad melawan Slovenia. De Rossi hanya bisa berharap segera kembali ke "Gli Azzurri". (SCN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.