Semifinal Menanti Barca dan Inter

Kompas.com - 19/03/2011, 04:16 WIB
Editor

NYON, JUMAT - Barcelona dan juara bertahan Inter Milan mempunyai kans lebih besar lolos ke semifinal Liga Champions setelah undian menempatkan mereka secara berurutan lawan Shakhtar Donetsk dan Schalke 04 pada perempat final. Chelsea mempunyai kesempatan balas dendam kepada Manchester United. Real Madrid harus bekerja keras melawan ”taifun” Tottenham Hotspur.

Demikian undian babak perempat final Liga Champions di markas UEFA, Nyon, Swiss, Jumat (18/3). Undian itu sekaligus memetakan bagan pertemuan tim-tim pemenang di semifinal. Jika mampu melewati Shakhtar, Barcelona ditunggu Real Madrid atau Tottenham. Adapun Inter, jika sukses menyingkirkan Schalke, akan menghadapi Manchester United (MU) atau Chelsea.

”Kami tahu mereka dan mereka juga tahu kami,” kata Pelatih Barcelona Pep Guardiola soal duelnya melawan Shakhtar, klub Ukraina yang baru pertama kali ini tampil di perempat final. ”Kami bakal menjalani laga sangat ketat melawan mereka. Mereka secara fisik sangat kuat dengan para pemain berpengalaman.”

Di Piala Super 2009, Barcelona butuh perpanjangan waktu untuk memukul Shakhtar, 1-0. Mereka enam kali bertemu Shakhtar dengan hasil menang tiga kali, draw sekali, dan kalah dua kali.

Kegembiraan diperlihatkan duta besar Inter Milan, Luis Figo, saat klubnya bertemu Schalke. ”Kami gembira dengan hasil undian ini karena terhindar dari klub-klub besar, tetapi kami tetap harus hormat (kepada Schalke), seperti jika kami lawan MU atau Chelsea,” kata Figo, seperti dikutip BBC Sport.

MU atau Chelsea adalah lawan Inter jika lolos ke semifinal. Inter memperlihatkan kelas mereka sebagai kampiun Eropa saat menyingkirkan Bayern Muenchen lewat kemenangan dramatis 3-2 di Muenchen. Inter dan Schalke sudah bertemu empat kali: Inter menang sekali dan draw sekali.

Sementara pertemuan Chelsea melawan MU bukan saja membangkitkan kenangan final 2008 di Moskwa saat Chelsea gagal menjuarai Eropa untuk pertama kalinya akibat gagalnya John Terry mengeksekusi penalti.

Akan tetapi, laga itu memastikan satu tempat bagi tim wakil Inggris di semifinal. Di domestik, Chelsea dan MU sudah bertemu 158 kali dengan hasil MU menang 67 kali, Chelsea menang 44 kali, dan seri 47 kali.

Sementara itu, begitu mendengar akan melawan Tottenham, Pelatih Real Madrid Jose Mourinho senang. ”Kami senang bukan karena ini laga mudah, tetapi karena kami suka bermain di London,” katanya. Laga pertama perempat final digelar 5/6 April, laga kedua 12/13 April.

Kejutan Liga Europa

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X