Van der Sar: Pensiun Sudah Harga Mati

Kompas.com - 14/03/2011, 23:52 WIB
EditorHery Prasetyo

MANCHESTER, KOMPAS.com — Kiper gaek Manchester United (MU), Edwin van der Sar, kembali menegaskan niatnya untuk pensiun pada akhir musim ini. Ia mengatakan, keputusannya sudah bulat dan tak mungkin diganggu gugat.

Van der Sar sebenarnya berat meninggalkan dunia yang sudah membesarkan namanya tersebut. Namun, ia ingin mengakhiri kariernya saat dirinya berada dalam puncak kejayaan dan, menurutnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukannya.

"Aku tak membenci pikiran tentang pensiun. Aku melihat ke depan untuk hal itu. Aku sudah berada di puncak dan akan sangat menyenangkan bisa mengakhiri karier saat di puncak. Sangat bagus bisa mendapat pengakuan dari para fans dan aku akan merindukan sepak bola," kata Van der Sar.

Sebelumnya, Wayne Rooney mengatakan, dia dan rekan-rekannya merasa berat hati ditinggalkan Van der Sar. Sebab itu, mereka sempat membujuknya agar menunda masa pensiun. Namun, Van der Sar rupanya sudah tak terpengaruh lagi.

"Sudah 20 tahun (aku bermain). Tapi, aku punya hal yang lain, termasuk istriku yang cantik dan anakku yang hebat," sambungnya.

Van der Sar memulai karier profesionalnya pada tahun 1990. Saat itu ia bermain untuk tim raksasa Belanda, Ajax Amsterdam. Setelah mengecap pengalaman berharga di Ajax, kiper berusia 40 tahun tersebut kemudian memilih hijrah ke Juventus pada 1999.

Hanya bertahan selama tiga tahun di Juve, ia akhirnya berkelana ke Inggris untuk membela Fulham. Tampil ciamik selama empat tahun di Fulham, MU pun kepincut mendatangkannya. Tepat pada tahun 2005, Van der Sar menandatangani kontrak bersama MU dan terus bertahan hingga saat ini. (SCN)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X