Demi Sejarah, Liverpool "Bantu" Arsenal

Kompas.com - 06/03/2011, 05:24 WIB
EditorTjatur Wiharyo

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Liverpool nyaris mustahil menjuarai Premier League musim ini. Namun, mereka punya kepentingan untuk mengerem laju Manchester United (MU) mengakhiri musim sebagai penguasa klasemen, yaitu saat bertemu di Anfield, Minggu (6/3/2011).

MU saat ini menguasai klasemen dengan 60 poin, atau unggul tiga angka dari pesaing terdekat, Arsenal. Adapun Liverpool ada di tempat ketujuh dengan 39 poin atau kalah sembilan angka dari Chelsea di zona kualifikasi Liga Champions. Selain Chelsea, ketiga tim itu telah memainkan 28 pertandingan.

MU dan Liverpool sama-sama menguasai puncak daftar tim tersukses Premier League, dengan koleksi 18 gelar. Dengan begitu, Liverpool akan otomatis menjadi yang nomor dua, jika MU sampai menjadi juara musim ini.

Dengan begitu, penting bagi Liverpool untuk sedapat mungkin mencegah MU mencatatkan namanya sendirian di puncak daftar tersebut.

Mengingat Arsenal masih memiliki satu laga tunda dengan MU, Liverpool cukup berpeluang menjaga reputasi mereka di buku sejarah persepakbolaan Inggris, jika mampu menang pada pertandingan nanti.

"Aku tahu betapa penting pertandingan ini dan betapa pentingnya bagi kami United tidak menjuarai gelar, karena rivalitas kedua tim," ujar penyerang Liverpool yang dibeli dari Ajax pada Januari lalu, Luiz Suarez.

"Kami punya jumlah gelar yang sama dan mereka adalah kompetisi kami. Akan merupakan hadiah bagi kami menggagalkan mereka meraih gelar,"

"Sebagai pemain, mencetak gol dalam pertandingan seperti ini dan membantu tim menang adalah sesuatu yang Anda impikan. Bagiku, target utama adalah membawa tim meraih poin. Tak penting siapa yang mencetak gol," tuturnya.

Jika pemain baru seperti Suarez sudah memahami persaingan kedua kubu dan mengingat kedua tim akan menurunkan sejumlah pemain senior, misalnya Steven Gerrard maupun Ryan Giggs, pertandingan nanti seharusnya berjalan sangat seru.

Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan pertandingan akan berjalan berat karena setiap pemain terbebani target harus menang. (MIR)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.