Anelka Perbesar Peluang Chelsea ke 8 Besar

Kompas.com - 23/02/2011, 04:32 WIB
EditorTjatur Wiharyo

KOPENHAGEN, KOMPAS.com — Penyerang Nicolas Anelka mencetak dua gol yang menentukan kemenangan Chelsea 2-0 atas Kopenhagen pada laga pertama 16 besar Liga Champions di Parkstadion, Selasa (22/2/2011). Selain memperbesar peluang masuk perempat final, kemenangan ini mengakhiri krisis Chelsea, yang tak pernah menang dalam tiga pertandingan sebelumnya.

Gol pertama dicetak Anelka pada menit ke-17. Gol bermula dari keberhasilan Anelka memotong umpan dari Jesper Gronkjaer kepada Domingues De Souza Claudemir. Ia kemudian menggiring bola masuk kotak penalti dan menembakkannya ke tengah gawang Johan Willard.

Anelka kembali mencatatkan diri dalam daftar pencetak gol pada menit ke-53. Setelah menguasai umpan Frank Lampard di tengah kotak penalti, ia menembakkan bola masuk ke tengah bawah gawang Johan Willard.

Secara umum, Chelsea layak atas kemenangan tersebut. Bermain di kandang lawan, mereka menguasai permainan sejak menit awal dan cukup rajin melepaskan ancaman.

Kualitas eksekusi tampaknya masih menjadi pekerjaan rumah Chelsea. Dalam sejumlah kesempatan, Chelsea menciptakan ruang tembak bagus, tetapi eksekusi mereka banyak melenceng dari sasaran atau terlalu mudah dijangkau dan diamankan Willard.

Selama 15 menit pertama, misalnya, Chelsea melepaskan setidaknya lima eksekusi melalui Florent Malouda, Frank Lampard, Ramires, dan Fernando Torres. Namun, selain eksekusi Torres, tak satu bola pun yang mengarah tepat sasaran.

Pada babak kedua, Chelsea juga setidaknya memiliki tiga peluang emas dari Fernando Torres (menit ke-58 dan ke-51) dan Lampard pada menit ke-58. Eksekusi Torres dimentahkan Willard, eksekusi Lampard melesat ke atas mistar gawang.

Kopenhagen sendiri bukannya tidak berusaha melawan. Mereka berusaha mengurangi tekanan lawan dengan penguasaan bola. Namun, akurasi umpan mereka mudah terbaca dan kurang akurat sehingga serangan mereka kerap terpangkas di tengah jalan.

Dalam sejumlah kesempatan, mereka mencoba melepaskan eksekusi jarak jauh. Namun, tak ada yang cukup ampuh untuk menaklukkan Petr Cech.

Pada menit ke-78, misalnya, Martin Vingaard melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, yang mengarah tepat ke pelukan Cech.

Selama 90 menit, Kopenhagen menguasai bola sebanyak 55 persen dan melepaskan lima tembakan akurat dari 14 percobaan. Adapun Chelsea menciptakan enam peluang emas dari 21 usaha.

Susunan pemain:

Kopenhagen: Johan Willard; Mikael Antonsson, Mathias Zanka Jorgensen, Oscar Wendt (Pierre Bengtsson  75), Zdenek Pospech; Domingues De Souza Claudemir, William Kvist, Jesper Gronkjaer (Kenneth Zohore 87), Christian Bolanos; N'Doye Dame, Cesar Santini (Martin Vingaard 45)

Chelsea:
Petr Cech; John Terry, Branislav Ivanovic, Ashley Cole, Jose Bosingwa; Michael Essien, Frank Lampard, Ramires; Florent Malouda (Yuri Zhirkov 85), Fernando Torres (Salomon Kalou 90), Nicolas Anelka (Didier Drogba 74)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X