Gol Indah Rooney Jauhkan MU dari Arsenal

Kompas.com - 12/02/2011, 21:32 WIB
EditorTjatur Wiharyo

MANCHESTER, KOMPAS.com — Penyerang Wayne Rooney mencetak gol dengan tendangan overhead kick. Ini membuat Manchester United menang 2-1 atas Manchester City dalam lanjutan Premier League di Old Trafford, Sabtu (12/2/2011). Berkat hal itu, Manchester United duduk di puncak klasemen dengan 57 poin atau unggul tujuh angka dari pesaing terdekat, Arsenal, dan delapan angka dari City di posisi ketiga.

Bermain di depan pendukung sendiri, Manchester United (MU) sempat tertekan pada 20 menit pertama. Namun, mereka mampu unggul lebih dulu melalui Nani pada menit ke-41. Setelah menguasai umpan Ryan Giggs, Nani menggiring bola melewati kawalan Pablo Zabaleta dan menggulirkannya masuk sudut kiri bawah gawang Joe Hart.

Setelah kedudukan tak berubah dan permainan timnya tak menunjukkan peningkatan berarti sampai menit ke-50, Manajer City Roberto Mancini menarik Aleksandar Kolarov dan James Miilner secara berurutan pada menit ke-52 dan ke-61 dan memasukkan SWP dan Dzeko.

Mancini hanya perlu menunggu sampai menit ke-65 untuk melihat buah perubahan yang ia lakukan, yaitu terciptanya gol penyama kedudukan.

Gol bermula dari pergerakan Shaun Wright-Phillips (SWP) di sayap kiri pertahanan MU yang berujung sebuah umpan silang. Dzeko menyambut umpan SWP dengan sebuah tembakan yang membuat bola bersarang di gawang Edwin van der Sar.

Bola sempat mengenai tubuh David Silva sebelum masuk gawang Joe Hart sehingga gol itu dicatat atas nama Silva.

City menunjukkan perbaikan performa setelahnya. Sejumlah peluang emas tercipta, misalnya eksekusi akurat Carlos Tevez pada menit ke-69, yang sayangnya tak membuahkan gol karena dimentahkan oleh Van der Sar.

City belum menemukan solusi mengoyak gawang MU, ketika gawang mereka malah kecolongan gol Wayne Rooney pada menit ke-78. Memanfaatkan umpan silang Nani, Wayne Rooney melakukan tendangan overhead kick yang membuat bola bersarang di sudut kiri atas gawang Hart.

Meski unggul, MU tak mengendurkan tekanannya. Di sisi lain, City juga bermain agresif merebut bola dan melancarkan serangan setelahnya. Namun, aksi saling serbu kali ini tak membuahkan gol sampai peluit berbunyi panjang.

Selama 90 menit, MU menguasai bola sebanyak 50 persen dan menciptakan lima peluang emas dari sebelas usaha. Adapun City melepaskan tiga tembakan akurat dari 14 percobaan.

Susunan pemain:
MU:
Edwin van der Sar; Nemanja Vidic, Chris Smalling, Patrice Evra, John O'Shea; Paul Scholes (Michael Carrick 78), Darren Fletcher, Ryan Giggs, Nani; Wayne Rooney, Anderson (Dimitar Berbatov 67)
City: Joe Hart; Joleon Lescott, Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Micah Richards; Gareth Barry, James Milner (Edin Dzeko 61), Aleksandar Kolarov (Shaun Wright-Phillips 52), David Silva; Carlos Tevez, Yaya Toure



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X