Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri, "Setan Merah" Berkuasa Lagi

Kompas.com - 17/01/2011, 01:01 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-74, Manchester United (MU) mampu bermain imbang 0-0 dengan Tottenham Hotspur pada pertandingan Premier League di White Hart Lane, Minggu (16/1/2011). Mereka pun mengoleksi 45 poin dan naik satu tingkat ke puncak klasemen, menggeser Manchester City yang kalah selisih gol saja.

Bermain sebagai tim tamu, MU mampu mengawali laga dengan sebuah serangan berujung tembakan dari Wayne Rooney, yang sayangnya melenceng dari sasaran.

Setelahnya, selama 15 menit, MU mengalami tekanan berat dari tuan rumah. Mengandalkan Gareth Bale, Aaron Lennon, dan Luka Modric, Tottenham mampu membombardir kotak penalti MU dengan umpan-umpan silang akurat.

Sayang, permainan apik lini tengah tidak diimbangi kualitas lini depan yang mumpuni. Peter Crouch yang bekerja sendirian kesulitan melepaskan diri dari kawalan Nemanja Vidic.

Hasilnya, selain eksekusi Crouch yang melenceng pada menit kesepuluh, Tottenham nyaris tidak menciptakan peluang berarti lain. Hal ini patut disayangkan mengingat mereka betul-betul mampu menyulitkan MU.

Baru pada menit ke-16, MU mulai bisa mengembangkan permainan dan perlahan memberikan tekanan kepada tuan rumah. Namun, sikap disiplin yang diperagakan barisan belakang Tottenham membuat usaha MU kerap kandas sebelum sempat melakukan eksekusi.

Di tengah kesulitan itu, Rooney nyaris membobol gawang Gomes pada menit ke-22. Memanfaatkan umpan Dimitar Berbatov, ia menembakkan bola secara akurat. Sayang, tembakan itu masih bisa dihentikan Gomes di luar garis gawang.

Permainan tidak banyak berubah setelah itu. Kedua kubu berusaha melakukan serangan, tetapi barisan bek kedua kubu bermain disiplin sehingga keduanya sulit menuntaskan serangan dengan eksekusi.

Setelah tak ada solusi sampai menit ke-40, Tottenham menurunkan tempo permainan dan memperbaiki penguasaan bola. Meski kemudian bisa mengurangi daya serang tim tamu, mereka gagal membuat gol, sampai peluit turun minum berbunyi.

Memasuki babak kedua, kedua kubu kembali menampilkan permainan terbuka, dengan tetap mampu menjaga fokus. Hasilnya, kedua kubu tetap rajin bertukar serangan, tetapi sulit menciptakan peluang berarti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com