Van Persie Jaga Asa Juara Arsenal

Kompas.com - 16/01/2011, 02:21 WIB
EditorTjatur Wiharyo

LONDON, KOMPAS.com — Penyerang Robin van Persie mencetak dua gol dan satu assist yang mengantar Arsenal menang 3-0 atas West Ham United pada lanjutan Premier League, di Upton Park, Sabtu (15/1/2011). Dengan hasil ini, sementara Arsenal duduk di tempat ketiga dengan 43 poin atau kalah dua angka dari penguasa sementara Manchester City, West Ham terkapar di dasar klasemen dengan 20 poin.

Gol pertama Van Persie terjadi pada menit ke-13. Gol bermula dari pergerakan Jack Wilshere di sektor tengah pertahanan West Ham, yang berujung umpan kepada Theo Walcott di sisi kiri kotak penalti. Walcott kemudian menggulirkan bola ke tengah kotak penalti yang disambut Van Persie dengan sebuah tembakan, yang membuat bola bersarang di sudut kiri bawah gawang Robert Green.

Setelah itu, Arsenal mampu mempertahankan sikap bermainnya. Selain mampu mencegah lawan mengembangkan permainan, Arsenal juga cukup konsisten melepaskan ancaman.

Setelah membuang sejumlah peluang, termasuk tembakan Samir Nasri yang membentur tiang, Arsenal mampu menambah gol melalui Theo Walcott pada menit ke-41. Dari depan gawang lawan, Walcott menyambut umpan Van Persie dengan sebuah tembakan akurat, yang gagal dihalau Green.

Setelah itu, West Ham menunjukkan usaha bangkit. Sayang, meski mampu mengurangi tekanan Arsenal, mereka gagal mencetak gol, sampai peluit turun minum berbunyi.

Mengawali babak kedua, Arsenal kembali menunjukkan sikap agresif. Namun, pertandingan terlihat datar karena West Ham sendiri memperagakan permainan defensif. Dominasi Arsenal pun hanya berkutat pada penguasaan bola, bukan serangan yang tuntas dengan eksekusi.

Alotnya permainan menunjukkan titik cerah, ketika Arsenal melakukan serangan cepat pada menit ke-75, yang berujung hadiah penalti, menyusul pelanggaran Wayne Bridge kepada Walcott.

Van Persie yang dipercaya melakukan eksekusi pun berhasil mengecoh Green dan mengubah angka di papan skor menjadi 0-3.

Arsenal kemudian mencoba memanfaatkan momen itu untuk menggenjot serangan dan menambah gol. Namun, West Ham bergeming pada permainan defensif mereka.

Berbeda dari sebelumnya, West Ham tak melakukan kesalahan yang bisa dimanfaatkan Arsenal untuk menambah gol sampai peluit berbunyi panjang.

Selama 90 menit, Arsenal menguasai bola sebanyak 71 persen dan melepaskan 11 tembakan akurat dari 21 kali percobaan. Adapun West Ham menciptakan tiga peluang emas dari sembilan kali usaha.

Susunan pemain:
West Ham:
Robert Green; Matthew Upson, James Tomkins, Wayne Bridge (Frank Nouble 88), Julien Faubert; Radoslav Kovac, Mark Noble (Luis Boa Morte 19), Jonathan Spector; Zavon Hines, Carlton Cole, Fred Sears (Pablo Barrera 64)

Arsenal: Wojciech Szczesny; Laurent Koscielny, Johan Djourou, Gael Clichy, Emmanuel Eboue; Jack Wilshere, Alex Song, Samir Nasri (Kieran Gibbs 88), Theo Walcott (Andrei Arshavin 88); Robin van Persie, Casc Fabregas (Denilson 81)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X