Sepuluh "Samurai Biru" Bungkam Suriah

Kompas.com - 14/01/2011, 01:46 WIB
EditorTjatur Wiharyo

DOHA, KOMPAS.com — Bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-72, tim nasional Jepang mampu menang 2-1 atas Suriah pada pertandingan matchday kedua Grup B Piala Asia 2011, Kamis (13/1/2011). Kemenangan Jepang ditentukan oleh eksekusi penalti Keisuke Honda pada menit ke-82.

Jepang unggul lebih dulu berkat gol Makoto Hasebe pada menit ke-35. Memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Shinji Kagawa yang ditepis Mosab Balhous, ia membobol gawang Suriah.

Setelah itu, Jepang mampu mendominasi pertandingan, tetapi kesulitan mencetak gol. Masalah itu belum selesai, ketika kiper Eiji Kawashima diganjar kartu merah akibat melanggar Sanharib di kotak penalti.

Kawashima kemudian digantikan oleh Shusaku Nishikawa. Baru masuk, Shusaku Nishikawa dipaksa memungut bola oleh Al Khatib, yang mengeksekusi hadiah penalti tersebut.

Kehilangan keunggulan dan satu pemain tak membuat Jepang mengubah sikap bermainnya. Meski mengalami penurunan determinasi dan daya serang, mereka masih mampu menjaga dominasinya.

Suriah yang unggul pemain pun kesulitan meredam gempuran itu dan akhirnya kebobolan oleh gol Honda dari titik putih, menyusul pelanggaran Belal Abduldaim terhadap Shinji Okazaki pada menit ke-82.

Jepang mendapat keuntungan lagi pada menit ke-90 berupa kartu kuning kedua yang diterima Nadim Sabagh pada masa injury time. Meski tidak kebobolan, Jepang gagal memanfaatkan situasi untuk menambah gol, sampai peluit berbunyi panjang.

Berkat hasil itu, Jepang mengoleksi empat poin dan naik dua tingkat ke puncak klasemen sementara, menggantikan Jordania, yang hanya kalah produktivitas mencetak gol.

Susunan Pemain
Suriah: Mosab Balhous; Wael Aian, Belal Abduldaim, Ali Dyab, Esmaeel Feras, Abd Dakka, Nadim Sabagh; Jehad Alhoussain, Samer Awadh (Firas Al-Khatib 46), Abdelrazaq Al-Hussain; Mohamed Al-Zeno (Sanharib Malki 64)

Jepang: Eiji Kawashima; Atsuto Uchida, Yasuyuki Konno, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Yasuhito Endo, Daisuke Matsui, Makoto Hasebe, Ryoichi Maeda (Shusaku Nishikawa 74); Keisuke Honda, Shinji Kagawa (Shinji Okazaki 65)

Klasemen Grup B (Main-Menang-Seri-Kalah-Selisih gol-Poin)

Jepang        2 1 1 0 3-2 4
Jordania      2 1 1 0 2-1 4
Suriah         2 1 0 1 3-3 3
Arab Saudi  2 0 0 2 1-3 0



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X