Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guardiola Puji Permainan Bilbao

Kompas.com - 07/01/2011, 04:42 WIB

Madrid, Rabu - Pelatih Barcelona Pep Guardiola memuji semangat permainan tuan rumah Athletico Bilbao yang mampu mengimbangi timnya di Stadion San Mames, Rabu (5/1). Meski hanya meraih hasil imbang 1-1, Barcelona lolos ke babak perempat final Copa Del Rey atau Piala Raja karena mampu mencetak gol tandang.

”Meski tersingkir, suporter Bilbao layak bangga dengan tim dan pemain-pemain mereka. Saya sendiri cukup puas dengan hasil ini karena mereka main bagus. Saya juga salut dengan pemain-pemain saya yang bisa mengatasi tekanan Bilbao,” kata Guardiola.

Sebelum laga ini, Guardiola bahkan sudah menyatakan pasrah jika timnya tidak berhasil ke babak perempat final Copa del Rey. Hasil imbang 0-0 di Nou Camp pada laga pertama membuat posisi Bilbao lebih diuntungkan pada laga kedua karena mereka menjadi tuan rumah.

Namun, beruntung bagi Barca, Eric Abidal bisa mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-75. Gol bermula dari umpan Xavi kepada Messi. Messi sempat mengontrol bola sebelum mengirimnya kepada Abidal. Hanya dengan satu sentuhan, Abidal menjejalkan bola ke gawang Gorka Iraizoz.

Keadaan tertinggal memaksa Bilbao bermain lebih agresif. Lima menit menjelang laga usai, mereka berhasil membalas melalui Fernando Llorente.

Bagi Bilbao, gol tersebut belum cukup. Mereka pun terus main terbuka dan menekan Barcelona. Namun, mereka gagal meraih gol kedua sampai peluit akhir ditiupkan.

Kesuksesan laga tandang juga dibuat juara bertahan Sevilla yang menaklukkan tuan rumah Malaga, 3-0, di Stadion La Rosaleda. Kemenangan itu memastikan langkah Sevilla ke babak delapan besar dengan kemenangan agregat 8-3 setelah pada laga pertama Sevilla menang 5-3.

Pelatih Malaga Manuel Pellegrini tetap bersikap positif meski timnya tersingkir. Mantan arsitek Real Madrid itu menampilkan empat dari lima pemain barunya. ”Penting untuk tetap melaju di ajang ini, tetapi kini kami harus mengalihkan fokus kami ke liga. Kami tampil baik dalam partai ini dan mereka tak mampu mendekati sepertiga akhir lapangan sampai akhirnya mendapatkan gol pertama,” ujarnya.

Pelatih Sevilla Gregorio Manzano mengaku sangat gembira dengan kesuksesan timnya. ”Memenangi sebuah pertandingan itu menjadi hal penting. Kami telah melewati sejumlah masa sulit sebab dalam beberapa pertandingan kami tak bisa menang.” (REUTERS/AFP/OTW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com