Garudaku Sayang, Garudaku Malang

Kompas.com - 30/12/2010, 01:13 WIB
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagian masyarakat Indonesia menilai permainan dan pencapaian kesebelasan nasional di Piala AFF 2010 membanggakan. Namun, ada juga yang mengaku kecewa.

Indonesia menutup Piala AFF 2010 sebagai runner-up, setelah kalah agregat 2-4 (0-3, 2-1) dari Malaysia di babak final, 26 dan 29 Desember 2010.

Pada pertandingan leg kedua, Indonesia berpeluang unggul lebih dulu ketika mendapat hadiah penalti, menyusul handsball Mohd Sabre bin Mat Abu pada menit ke-18. Firman Utina yang dipercaya mengeksekusi bola mengirimnya secara akurat ke sudut kiri bawah gawang. Sayang, tendangan terlalu lemah sehingga bola mudah ditangkap oleh Khairul Fahmi.

Masalah itu belum selesai ketika Malaysia malah mampu unggul 1-0 berkat gol Mohd Safee pada menit ke-54. Dalam sebuah serangan balik, Safee berhasil menguasai sebuah umpan terobosan dan menggiringnya melewati duo Maman dan Hamka sebelum melepaskan tendangan keras dari tengah kotak penalti, yang mendesak jaring dalam gawang Markus Horison.

Indonesia akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan 2-1 berkat gol Muhammad Nasuha (menit ke-73) dan Muhammad Ridwan (85). 

Menurut Agung, seorang suporter, meski gagal juara, Indonesia pantas dibanggakan karena menunjukkan semangat juang untuk bangkit setelah terpukul kegagalan penalti Firman dan gol Safee.

"Saya kecewa banget, Mbak, awalnya saat melakukan tendangan penalti itu gagal. Saya kecewa sama Firman. Tadi itu banyak kesempatan, tapi finishing-nya enggak bagus," kata Agung. 

Kecewa yang mendalam juga dirasakan Tamam, Toni, dan dua rekannya yang datang ke Jakarta dari hari Jumat (24/12/2010). Berbeda dari Agung, Tamam hanya kecewa pada hasil akhir, bukan pada kinerja tim nasional.

"Saya sama teman-teman datang jauh-jauh dari Gresik, kepenginnya Indonesia juara. Saya kecewanya waktu pertandingan di Malaysia kemarin. Itu membuat down. Saya bangga kok dengan permainan timnas sepanjang AFF," ucap Tamam.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X