Mantan PM Rusia Terlama Tutup Usia - Kompas.com

Mantan PM Rusia Terlama Tutup Usia

Kompas.com - 04/11/2010, 01:54 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Victor Chernomyrdin, mantan Perdana Menteri Rusia, meninggal dunia pada usia 72 tahun, Rabu (3/11/2010). Ia menjabat saat Rusia tengah mengalami guncangan politik pada tahun 1990-an seiring ditinggalkannya paham komunisme di negara tersebut.

Tidak disebutkan penyebab kematiannya, namun Chernomydin dilaporkan telah menderita sakit dalam beberapa tahun terakhir. Istrinya lebih dulu meninggal dunia awal tahun ini di usia 50 tahun.

Presiden Rusia Dmitry Medvedev telah menyiapkan upacara pemakaman dengan upacara kenegaraan, Jumat mendatang dan akan disiarkan langsung melalui televisi nasional. PM Rusia Vladimir Putin dan kabinetnya memberikan penghormatan saat membuak rapat kabinet Rabu pagi.

Chernomydin merupakan perdana menteri paling lama dalam sejarah Rusia. Ia menjabat enam tahun sebagai perdana manteri sejak 1992 hingga 1998 di saat Boris Yeltsin menjadi Presiden Rusia. Selama menjabat, Chernomydin turut berjasa dalam membangkitkan kembali perekonomian Rusia.

Ia juga dikenal sebagai negosiator yang sukses menyelamatkan bayak orang saat kelompok militan Chechnya menyandera 1500 orang di sebuah rumah sakit. Ia menelepon langsung pemimpin Chechnya Shamil Basayev dan berhasil membebaskan semua sandera dengan imbalan akan mendorong perjanjian damai dengan Chechnya. Ini merupakan babak baru hubungan rusia dan Chechnya yang pecah perang sejak Soviet hancur.

Jabatan terakhirnya adalah Duta Besar rusia untuk Ukraina setelah ditunjuk Vladimir Putin yang baru menjabat presiden waktu itu. Ia menjabat sebagai dubes sampai tahun lalu dan menjadi penasihat presiden bidang ekonomi.

Kini jasadnya disemayamkan lebih dulu sebelum dimakamkan di samping makam istrinya. Kompleks Pemakaman Novodevichy sebagai peristirahatan terakhirnya merupakan tempat dimakamakannya sejumlah tokoh besar Rusia seperti Boris Yeltsin dan Nikita Khrushchev.


EditorTri Wahono

Close Ads X