Pemain Belanda Keturunan Indonesia Perkuat Timnas

Kompas.com - 01/10/2010, 07:23 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Badan Tim Nasional Iman Arif mengatakan, empat pemain berdarah Indonesia asal Belanda akan tampil memperkuat timnas pada laga uji coba melawan Uruguay pada 8 Oktober 2010 dan Maladewa pada 13 Oktober 2010.

Keempat pemain tersebut adalah Jhonny Rudolf van Beukering (Go Ahead Eagels), Sergio Van Dijk (Adelaide United FC), Rafael Guillermo Eduardo Maitimo (FC BIT China), dan Jeffry de Vischer (FC Emmen).

Mereka merupakan hasil seleksi yang dilakukan Iman, Pelatih Alferd Riedl, dan Sekjen PSSI Nugraha Besoes untuk mencari pemain keturunan yang bersedia membela timnas pada pekan lalu.

 “Sebenarnya kami memiliki 51 daftar pemain keturunan Indonesia. Sebanyak 46 bermain di Belanda, sisanya ada yang main di Cyprus, Belgia, China, dan Australia. Namun, baru empat pemain tersebut yang tegas menyatakan siap membela timnas Indonesia,” kata Nugraha Besoes seperti yang dilansir di situs resmi PSSI.

Dari empat pemain, Sergio Van Dijk kemungkinan besar tak bisa memperkuat timnas. Menurut Iman, Sergio berencana mengikuti trial bersama klub Leicester City (Inggris) yang melakukan uji coba melawan Thailand di Bangkok. Adapun tiga pemain lainnya direncanakan bisa bergabung dalam pelatnas timnas di Jakarta mulai tanggal 3 Oktober.

Terkait izin menggunakan tenaga mereka dalam uji coba internasional melawan Uruguay dan Maladewa, Besoes mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan FIFA dan KNVB.

“Yang jelas, prosedur resmi dengan mengirim surat ke FIFA dan KNVB Belanda sudah kami lakukan,” tutup Besoes. (PSSI)

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X