Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora: Naturalisasi Oke, Pembinaan Lebih Oke

Kompas.com - 13/08/2010, 19:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengaku mendukung rencana PSSI untuk melakukan naturalisasi pemain timnas. Namun, ia menekankan bahwa pembinaan pemain-pemain muda juga tak boleh dilupakan.

Wacana naturalisasi pemain semakin menghangat menjelang SEA Games 2011. Ada pihak-pihak yang tak setuju, tapi tak sedikit juga yang mendukung.

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) secara tegas menyatakan bahwa ia mendukung niat PSSI untuk melakukan naturalisasi agar target meraih medali emas di SEA Games dapat tercapai.

"Naturalisasi adalah upaya terobosan yang tengah dilakukan PSSI. Pemerintah akan coba mendukungnya. Tapi ingat, naturalisasi bukanlah yang utama. Pembinaan usia muda, penyaringan bakat-bakat muda, tetap yang menjadi terpenting," kata Andi, Jumat (13/8/2010).

Ada beberapa nama yang digadang-gadang akan diajukan sebagai pemain naturalisasi. Di antaranya Sergio van Dijk, Kim Jeffrey Kurniawan, Donovan Partosoebroto, dan Jason Oost.

"Kami dari pemerintah memang hanya menunggu saja nama-nama yang akan diajukan. Sampai saat ini, ada beberapa catatan. Ada pemain yang sudah memiliki paspor Indonesia dan memang ada yang harus dinaturalisasi," lanjut Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com