Mourinho: Ronaldo-Madrid Bisa Sama-sama Hancur

Kompas.com - 05/08/2010, 05:42 WIB
EditorTjatur Wiharyo

MADRID, KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, menilai, timnya sangat bergantung kepada Cristiano Ronaldo musim lalu. Bila konsep itu tak diubah, menurutnya, Madrid dan Ronaldo bisa sama-sama hancur.

Pada Divisi Primera musim lalu, Madrid finis di tempat kedua dan mengacu statistik, kontribusi Ronaldo sangat tinggi. Tercatat, ia bermain sebanyak 29 kali dengan satu di antaranya sebagai pengganti, dan mencetak 26 gol, tujuh assist, dan 94 tembakan tepat ke gawang dari 211 usaha.

Mourinho menilai Ronaldo pemain dengan bakat luar biasa dan kontribusinya akan semakin besar bila diikuti oleh kemajuan tim secara keseluruhan.

Sebaliknya, bila terus mengandalkan Ronaldo, tim membahayakan diri sendiri karena ketika musuh bisa mematikan Ronaldo, Madrid pun akan tak berdaya.

"Saya ingin membebebaskannya dari tekanan itu (menjadi andalan). Ia hanya bisa meningkat bila tim berkembang. Musim lalu, ia adalah orang yang sering menanggung tim," ujar Mourinho.

"Bila dalam sebuah laga musuh menciptakan strategi bagus untuk mematikannya, atau pertandingan tak berlangsung bagus untuknya, untuk alasan apapun, tim menderita,"

"(Menjadi andalan tim) buruk bagi seorang pemain, betapa pun hebatnya ia. Tim membutuhkannya dan ia bekerja untuk tim, tidak sendirian," paparnya. (SCN)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X